Tes Sederhana Mendeteksi Ginjal Sehat, Hanya Butuh Satu Alat  Ini

JABAR EKSPRES – Mendeteksi kesehatan ginjal ternyata bisa dilakukan sendiri dirumah, tanpa harus melakukan tes medis khusus, bahkan hanya dengan menggunakan satu alat saja. Cara mendeteksi fungsi ginjal apakah masih berfungsi normal atau tidak bisa menggunakan metode yang akan diajarkan dalam tulisan ini.

Ginjal memiliki fungsi sebagai filtrasi cairan yang masuk kedalam saluran pencernaan. Dari penyaringan ini, ginjal akan memisahkan antara cairan yang kotor untuk dibuang.

Jika fungsi ginjal sudah berkurang, maka potensi racun atau toksin dalam tubuh kita akan meningkat.

Untuk mengetahui apakah fungsi ginjal kita masih bagus atau tidak, kita bisa melakukan tes dirumah dengan cara yang cukup sederhana.

Baca juga : 7 Jenis Makanan yang Dibenci Ginjal, Awas Jangan-jangan Ada Di Menu Harian

Kita hanya membutuhkan satu alat, berupa tabung bening, bisa dari kaca atau plastik, asalkan yang transparan, agar bisa kita memantau cairan didalamnya dengan mudah.

Berikut langkah langkah yang harus dilakukan untuk memulai tes fungsi ginjal ini;

1. Siapkan wadah berupa tabung bening yang bersih dan kering, dengan ukuran kecil atau sedang.

2. Setelah jam 7 malam, hentikan mengonsumsi apapun, baik makanan maupun minuman.

3. Saat pagi hari, tepatnya setelah bangun tidur, segera tampung air kencing kita dalam tabung kecil yang sudah kita siapkan semalam.

4. Lalu tutup tabung dan biarkan selama kurang lebih 3-4 jam.

5. Setelah 3-4 jam, perhatikan kondisi cairan didalam tabung. Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi, misalnya cairan tidak berubah sama sekali tetap seperti kondisi semula, atau cairan akan menjadi bening dan ada sedimentasi atau endapan dibagian bawahnya, atau bisa juga ada sesuatu yang mengambang seperti awan didalamnya, juga bisa  ada langit-langit atau gradasi warna didalam cairan.

Kondisi cairan tersebut bisa menjadi petunjuk kondisi ginjal kita.

Ginjal yang masih berfungsi baik, akan membawa kotoran pada pembuangan air kencing, berarti akan ada sedimentasi atau endapan.

Baca juga : Tanda-Tanda Batu Ginjal, Waspadai Beberapa Faktornya!

Bisa juga akan ada senyawa lain dalam tubuh yang ikut keluar melalui air kencing hingga bisa membuat warna cairan berubah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan