Jalan Riau Kota Bandung Rasa Eropa, Kenapa?

JABAR EKSPRES – Dalam upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam memperindah suasana kota, kabel udara yang melintang di Jalan LLRE Martadinata (Riau) telah diturunkan. Kini, sepanjang jalan tersebut hingga perempatan Jalan Ahmad Yani telah bebas dari kabel udara.

Sepanjang Jalan Riau itu, total ada 5 crossing kabel udara yang telah dibereskan. Penurunan kabel tersebut merupakan hasil kolaborasi Pemkot Bandung bersama PDAM Tirtawening. Dalam pelaksanaannya, Bambang Tirtoyuliono selaku Pj Wali Kota Bandung melakukan finalisasi penurunan secara simbolis pada Selasa, 6 Februari 2024.

“Saat ini kabel udara di dua ruas jalan telah kami turunkan dan kabel udara di beberapa ruas jalan juga telah kami rapikan,”  ungkapnya, dilansir dari Pemkot Bandung.

Pemkot Bandung menargetkan untuk menurunkan kabel udara yang masih melintang ria di 13 ruas jalan. Ini merupakan langkah untuk menciptakan kenyamanan dan menjaga estetika Kota Bandung.

BACA JUGA: PKL Jadi Musabab Kemacetan di Wilayah Gedebage

Selain itu, dalam tiga tahun kedepan, akan ada 58 ruas jalan di Ibu Kota Jawa Barat itu yang akan diturunkan kabel udaranya. Maka dari itu, Pemkot Bandung menggandeng PT Bandung Infra Investama (PT BII) dan PT Jaringan Pintar Bersama (JPB) dengan skema Bussiness to Bussiness (B2).

Kerjasama dengan kedua perusahaan tersebut disambut positif oleh Pj Wali Kota Bandung. Diharapkan, kerjasama ini dapat mempercepat progres penurunan kabel udara di Kota Kembang itu.

Dengan berkaca pada kondisi yang ada, penurunan kabel udara di Kota Bandung cukup sulit jika hanya mengandalkan Pemkot saja.

“Ini percepatan. Saat ini ada dua ruas jalan yang baru kami selesaikan (turunkan kabel udara) dan kabel udara di beberapa ruas jalan juga telah kami rapikan,” jelas Bambang. (*)

BACA JUGA: Terminal Cicaheum akan Direvitalisasi, Warga Bandung Full Senyum

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan