Pasar Gembrong Sukasari Bogor Ditargetkan Rampung April 2024, Komisi III Sampaikan Catatan

JABAR EKSPRES – Jajaran Komisi III DPRD Kota Bogor kembali memastikan progres pembangunan Pasar Gembrong Sukasari dan mencatat sejumlah poin agar pekerjaan berjalan sesuai target perencanaan.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi III DPRD Kota Bogor, Zenal Abidin. Kemarin (5/2), ia bersama jajarannya sempat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke lokasi pembangunan pasar yang berada di Kecamatan Bogor Timur.

Dari hasil sidak itu diketahui progres pembangunan Pasar Gembrong Sukasari sudah mencapai 63 persen.

“Pasar ini akan memiliki sekitar 640 kios dan los, sementara pedagang yang sudah mendaftar hampir 270 pedagang eksisting,” katanya kepada Jabar Ekspres dikutip Selasa, 6 Februari 2024.

Jika melihat proses pembangunan yang ada, Zenal memperkirakan target penyelesaian pasar bisa terkejar sampai April 2024 mendatang.

BACA JUGA: Gencarkan Sosialisasi di Awal Tahun, Bapenda Kota Bogor Beri Stimulus Diskon 15 Persen Khusus PBB-P2

Di kesempatan itu, Komisi III juga menyampaikan beberapa masukan untuk Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor termasuk pelaksana pekerjaan.

“Kami tadi beri masukan untuk rolling door (kios) semacam ada lubang-lubangnya, untuk mengantisipasi jika terjadi kebakaran, agar bisa segera terdeteksi dengan ada asapnya,” tutur Zenal.

Masukan kesiapan juga, sambung Zenal, ditekankan hal yang berkaitan dengan penyediaan APAR, hydrant, dan juga kamera pengawas atau CCTV untuk keamanan.

“Termasuk tadi untuk bongkar muat di depan dan belakang ada untuk komoditi basah dan kering,” sebut Politisi Partai Gerindra ini.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) Perumda PPJ Kota Bogor, Agustian Syach menambahkan, Pasar Gembrong Sukasari memiliki tiga setengah lantai yang diperuntukkan untuk pedagang eksisting dan pedagang dari Plaza Bogor.

“Pedagang eksisting di sini ada 270 pedagang dan sudah mendaftar semua. Kami juga berharap sambil berproses, nanti pedagang Plaza Bogor bisa masuk ke sini,” paparnya.

BACA JUGA: Ajak Investor, Sekda Tinjau Lahan Hibah DJKN Kemenkeu di Katulampa Bogor

Ia merinci, jumlah pedagang dari Plaza Bogor sekitar 120-an orang dan pihaknya juga membuka Pasar Gembrong Sukasari untuk pedagang umum.

Agus -sapaannya- juga menyampaikan terima kasih kepada Komisi III DPRD Kota Bogor yang sudah meninjau pasar dengan melakukan pengawasan sesuai fungsinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan