Intip 5 Tips Atasi Badmood Yang Ampuh!

JABAR EKSPRES – Pikiran dan perasaaan merupakan dua hal yang sangat penting saat beraktivitas. Umumnya, apapun yang kita lakukan bergantung pada kondisi perasaan kita, misalnya, ketika perasaaan sedang bahagia maka kegiatan apapun yang dilakukan akan terasa lebih menyenangkan, begitupun sebaliknya, jika perasaan sedang tidak baik maka menjalani hari pun menjadi serasa sangat berat.

Namun, sayangnya perasaan bahagia tidak bisa berlangsung secara terus menerus. Terkadang perasaan dan pikiran yang tidak karuan atau badmood tidak jarang menghampiri. Untuk mengatasi hal tersebut, tidak sedikit biasanya orang akan membutuhkan mood booster atau penyemangat.

Bagaimana cara mengatasinya? Intip 5 cara mengatasi badmood ampuh yang dapat anda lakukan.

1. Meditasi

Banyak pakar dan studi yang mengatakan bahwa dengan bermeditasi akan memberikan dampak yang positif. Karena itulah meditasi seringkali dilakukan untuk menangani berbagai macam gangguan fisik seperti stress, dan depresi.

BACA JUGA: Overthinking Itu Gak Baik! Ini Dia Solusinya

Meditasi ini dapat dilakukan dengan mengambil posisi yang nyaman serta mengatur napas secara perlahan kurang lebih sebanyak 15-20 menit.

2. Makan Coklat

Coklat mengandung zat yang bernama phenethylamine, sebuah zat yang mampu menghasilkan hormone endorfin.

Endorfin sendiri merupakan hormon yang dapat membuat seseorang merasa bahagia. Selain itu coklat juga mengandung anadama yang dapat membuat otak menjadi lebih tenang dan rileks.

3. Tidur atau Rehat Sejenak

Ketika perasaan badmood melanda, alangkah baiknya anda pergi untuk tidur atau beristirahat sejenak.

Kedua hal tersebut merupakan cara yang ampuh, karena ketika tubuh sedang tidur atau beristirahat maka pikiran dan perasaan masuk dalam fase tenang.

Pikiran dan perasaan pun akan membaik dengan sendirinya ketika anda terbangun dari tidur.

4. Mendengarkan Musik

Cara ini seringkali digunakan ketika perasaan badmood datang. Tidak ada salahnya anda memutar lagu favorit ataupun lagu-lagu yang bernuansa happy.

Aktivitas ini secara tidak langsung dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stress, hingga menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA: 3 Herbal yang Bisa Atasi Depresi, Mau Coba?

Bahkan studi pun mengatakan musik dapat menjadi terapi pereda depresi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan