Jadi Menu Wajib Imlek 2024, Begini Cara Menggoreng Ikan Bandeng agar Tidak Lengket di Wajan

JABAR EKSPRES – Disaat hari perayaan Imlek, ikan bandeng biasanya menjadi menu makan favorit yang selalu dihidangkan masyarakat Tionghoa di Indonesia. Walau begitu, masih banyak yang belum tahu, bagaimana cara menggoreng ikan bandeng agar tidak lengket di wajan.

Selain karena kelezatannya yang menggugah selera, ikan bandeng sering dihidangkan saat Imlek karena dianggap bisa membawa keberuntungan dan rezeki bagi masyarakat Tionghoa.

Ikan bandeng sendiri bisa diolah dengan berbagai cara. Namun jika ingin simple, kita bisa hanya menggorengnya saja.

BACA JUGA: Ikuti 5 Cara Ini agar Angpao Imlek Kamu Tidak Cepat Habis, Cek Disini!

Untuk mengatasi masalah lengket saat menggoreng ikan bandeng, yuk ikuti cara menggoreng ikan bandeng agar tidak lengket di wajan penggorengan berikut ini!

1. Tempatkan Ikan Di Suhu Ruang

Sebelum memasak ikan, hal pertama yang dilakukan yaitu tempatkan ikan terlebih dahulu ke suhu ruang selama satu jam jika baru dikeluarkan dari freezer.

2. Menepuk Kulit Ikan Menggunakan Handuk Kertas

Setelah ikan sudah tidak dingin, tepuk-tepuk ikan terlebih dahulu menggunakan handuk kertas atau tisu kertas dapur untuk menghilangkan kelembapan yang membuatnya menempel di wajan.

3. Bumbui Ikan Secara Menyeluruh

Bumbui ikan secara menyeluruh pada kedua sisi menggunakan garam dan lada hitam untuk mencegah ikan tidak menempel saat dimasak.

4. Gunakan Wajan yang Sangat Panas

Gunakanlah wajan dengan suhu yang sangat panas. Memanaskan wajan dengan benar adalah faktor kunci untuk menjaga ikan agar tidak menempel dan akan memberikan kerak beraroma.

BACA JUGA: Jelang Imlek 2024: Ini 3 Shio yang Diprediksi Raup Cuan Berlimpah dari Angpao

Panaskan panci dengan api sedang hingga tinggi, lalu tambahkan sedikit minyak atau mentega.

5. Perhatikan Jenis Spatula

Gunakan spatula ikan yang tipis, fleksibel, memiliki celah, dan terbuat dari logam dan biarkan mereka diam di wajan tanpa dibolak-balik terlalu sering.

Ikan akan terlepas sendiri ketika mendapat warna coklat yang bagus pada bagian yang terkena panas wajan.

Kalau ingin menghadirkan resep Imlek serba ikan bandeng yang lezat, jangan lupa untuk contek cara menggoreng ikan bandeng agar tidak lengket di atas ya. Selamat mencoba!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan