Terminal Cicaheum akan Direvitalisasi, Warga Bandung Full Senyum

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Rencana Kementerian Perhubungan (Menhub) merevitalisasi Terminal Cicaheum disambut baik oleh masyarakat Kota Bandung. Terlebih, tempat tersebut merupakan akses masuk warga yang berasal dari daerah Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Menurut salah satu kondektur PO Bus Eka, Friyawan menuturkan, kesan kumuh jelas terlihat di kawasan yang masuk ke dalam kategori terminal Kelas A yang ada di Kota Bandung. Padahal, Cicaheum merupakan perwajahan bagi para pendatang yang singgah ke Kota Kembang.

“Dari 2016 saya kerja di PO (Eka), terminal (Cicaheum) gak ada perubahan. Dibanding kota kecil aja kaya Tegal, Terminalnya udah jauh lebih bagus. Sayang kota besar terminalnya masih gini-gini aja,” kata Friyawan kepada Jabar Ekspres, Senin (5/2).

BACA JUGA: Kumuh Berkubangan, Terminal Bubulak Belum juga Dapatkan Perhatian

Di tempat lain, menurut warga asal Cibeunying Kidul, Muhammad Maliki menuturkan, revitalisasi dianggap penting guna menghilangkan stigma premanisme di kawasan tersebut.

Selain itu, kesan kumuh semakin memperkental dunia gelap yang kerap terjadi di Terminal Cicaheum tersebut.

“Revitalisasi kan diperbaiki yah. Bagus menurut saya mah, apalagi sekarang keliatan banget kumuhnya. Belum lagi aktivitas premanisme,” katanya.

Menurutnya, sarana prasana pendukung transportasi yakni terminal harus ramah dan nyaman bagi para penggunanya. Hal ini agar ketertarikan masyarakat menggunakan angkutan umum semakin bertambah.

“Kita juga kan kalau tempatnya nyaman mah bakal tertarik naik angkutan. Kalau kumuh gitu kan kitanya malah takut,” ungkapnya.

BACA JUGA: Pembangunan SMA/SMK Baru di Jabar Terus Berproses, Pj Gubernur: Tahun Ini Ada 4 Sekolah

Disisi lain, dilansir dari laman resmi Kementerian Perhubungan. Menteri Perhubungan, Budi Karya menyebut, Terminal Cicaheum kurang representatif apabila tergolong kedalam Terminal Kelas A.

“Kita lihat kondisi Terminal Cicaheum Bandung saat ini kurang representatif,” paparnya saat kunjungan ke Terminal Cicaheum, Minggu (5/2).

Maka dari itu, guna terlaksananya revitalisasi ini. Pihaknya meminta agar Dinas Perhubungan dan Pemerintah Kota Bandung bisa proaktif guna terealisasinya. pembangunan terminal ini.

“Karena itu, Pemda dan Dinas Perhubungan Kota Bandung harus proaktif menindaklanjuti program revitalisasi ini. Sebab jika tidak, dana yang sudah disiapkan tidak bisa dimanfaatkan dengan baik,” pungkasnya. (Dam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan