Jawaban Capres Ketika Ditanya Terkait Pendidikan, Anies: Negara Jangan Pelit sama Guru dan Dosen

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menggelar Debat Kelima Capres Pemilu 2024 yang diikuti oleh tiga capres di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (4/2), pukul 19.00 WIB.

Debat yang diikuti oleh ketiga capres untuk ketiga kalinya itu mengangkat tema terkait kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Debat kelima ini sama seperti biasanya, diisi dengan 6 kali segmen. Segmen pertama pemaparan visi misi dan program. Segmen 2 dan 3 menjadi pendalaman visi misi, ketiga capres akan menjawab pertanyaan dari panelis.

Segmen 4 dan 5 menjadi sesi tanya jawab antara para capres. Sedangkan segmen 6 memberikan kesempatan kepada para capres untuk memberikan pertanyaan penutup.

Pada segmen 3 debat capres kelima Pemilu 2024, capres menjawab pertanyaan yang diberikan oleh tim panelis sesuai dengan tema debat. Dalam tema pendidikan, diajukan pertanyaan berupa “Bagaimana komitmen dan apa program yang akan dilakukan paslon untuk meningkatkan kesejahteraan serta kompetensi guru dan dosen?”.

BACA JUGA: Kalahkan Liverpool, Arsenal Tempel Ketat The Reds di Puncak Klasemen Sementara Liga Premier Inggris

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan memberikan jawaban sebagai berikut:

“Pengeluaran di bidang pendidikan jangan dipandang sebagai cost, tapi pandanglah sebagai investasi. Karena itu, negara jangan pelit kalau bicara tentang investasi di bidang pendidikan, dan jangan pelit kalau sama guru dan dosen,” kata Anies.

Sementara itu, capres nomor urut 2, Prabowo Subianto memberikan jawaban sebagai berikut:

“Kita mengaudit, mengkaji. Sekarang sistem kita ini baik atau tidak? Karena banyak sekali kebocoran-kebocoran dalam alokasi dana yang diturunkan sampai ke tingkat kabupaten dan sebagainya, ini menyangkut masalah mental dan budaya pejabat-pejabat kita,” kata Prabowo.

Sedangkan, capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo memberikan jawaban sebagai berikut:

“Kalau pendidikan mau maju, maka fasilitas mesti diberikan, negara harus hadir dan makin inklusi. Baru kemudian kita dorong proses sertifikasi dan peningkatan kapasitas,” kata Ganjar.

BACA JUGA: Usai Debat, Pengamat Sebut Para Capres Belum Menjawab Masalah Kesejahteraan

KPU menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3. (Mg/Ratih Pujawati)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan