Jangan Golput! Begini Tips Memilih Presiden untuk Gen Z

JABAR EKSPRES – Pada pemilihan presiden 2024 mendatang seluruh masyarakat Indonesia akan menggunakan haknya memilih presiden untuk lima tahun kedepan. Tak terkecuali dengan pemilih pemula dari kalangan muda mahasiswa ataupun pelajar.

Pemilihan Presiden 2024 saat ini bisa dibilang cukup unik. Pasalnya pemilihan presiden tahun ini didominasi oleh pemilih pemula sebanyak 46 juta jiwa (usia 17-26 tahun). Hal tersebut tentu saja diyakini dapat berpotensi besar untuk memengaruhi hasil pemilu.

Uniknya lagi, para pemilih pemula yang baru pertama kali melakukan pemilihan umum tersebut cenderung memiliki kesadaran politik yang rendah serta tidak mengikuti perkembangan politik yang ada.

BACA JUGA: Keberpihakan Presiden Dipertanyakan, Begini Kata Para Kontestan dan Para Pakar

Hal tersebut tentu saja perlu diperhatikan lebih lanjut, melihat pemilih pemula ini akan berpengaruh besar terhadap hasil pemilihan presiden nanti.

Maka dari itu, untuk membantu pemula dan para Gen Z memilih saat pemilihan umum nanti pada 14 Februari 2024 mendatang, berikut tips memilih presiden yang dapat diikuti sebagai acuan:

1. Pastikan diri anda sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT), anda dapat mengunjungi kelurahan tempat anda tinggal untuk memastikan diri sudah terdaftar secara legal.

2. Pastikan anda telah memenuhi syarat-syarat yang berlaku seperti telah berumur 17 tahun, tidak terganggu jiwa, domisili sesuai dengan KTP, dan tidak sedang menjadi anggota TNI/Polri.

3. Update atau aktif mengikuti perkembangan pemilu di berbagai platform media sosial, jadilah pemilih cerdas yang dapat terhindar dari hoax!

BACA JUGA: Muhammadiyah Kembali Desak Jokowi Cabut Statement ‘Presiden Boleh Berpihak’

4. Pahami visi dan misi setiap kandidat calon presiden. Pastikan visi misi kandidat relevan dengan kebutuhan masyarakat.

5. Selanjutnya, ketahuilah latar belakang atau jejak rekam para kandidat presiden yang harus di pertimbangkan.

6. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai visi, misi dan program kerja dari masing-masing kandidat calon presiden, ikutilah debat capres dari debat pertama hingga debat terakhir.

Itulah tips memilih presiden untuk Gen Z. Semoga tips tersebut dapat membantu anda menentukan pilihan dan menjadi pemilih cerdas untuk pemilu 2024!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan