5 Tips Menjaga Tubuh Agar Selalu Sehat Menyambut Bulan Ramadan 2024

JABAR EKSPRES – Bulan Ramadan 2024 akan segera tiba, dan umat Muslim di seluruh dunia sedang bersiap-siap dengan beberapa tips menyambutnya dengan penuh sukacita.

Meskipun bulan ramadan tahun 2024 ini kita sedang menghadapi cuaca ekstrim, kita tetap harus semangat menjalankan ibadah puasa hingga Hari Kemenangan tiba.

Selain menjaga hati, mengatur keuangan dengan baik, ada satu hal penting lagi yang harus diperhatikan, yaitu kesehatan.

Kesehatan sangat penting untuk menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Kita harus menjaga tubuh agar tetap sehat dan tidak menjadi alasan untuk tidak berpuasa. Untuk menjaga kesehatan tubuh menjelang bulan Ramadan, berikut adalah 5 tips menjaga tubuh sehat menyambut bulan ramadan 2024 yang dapat dilakukan.

Baca juga :  Bahaya Kolesterol di Wajah, Berikut Gejala yang Perlu Di waspadai

Pertama, ubah pola tidur Anda. Jika anda memiliki kebiasaan tidur yang buruk dan tidak teratur, sebaiknya mulai ubah dari sekarang. Kualitas tidur yang baik berkaitan dengan hormon leptin yang dapat mengurangi nafsu makan. Jadi, tidur yang cukup sangat penting agar anda tidak merasa terlalu lapar saat berpuasa. Usahakan tidur selama 7-8 jam per hari dan hindari begadang.

Kedua, jaga tubuh tetap terhidrasi dengan memperbanyak minum air putih. Tubuh manusia terdiri dari 60 hingga 70 persen air, sehingga penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi agar terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, haus, tenggorokan kering, dan bahkan dapat menjadi fatal. Konsumsilah minimal 8 gelas air putih per hari.

Ketiga, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, tubuh akan mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga stamina dan daya tahan tubuh akan terjaga. Konsumsilah buah dan sayur yang kaya serat, vitamin, dan mineral. Hindari makanan yang terlalu manis karena dapat membuat tubuh cepat lemas di siang hari.

Keempat, mulailah kebiasaan berolahraga. Meskipun sedang berpuasa, bukan berarti kita tidak perlu berolahraga. Olahraga ringan seperti lari di halaman rumah, yoga, atau peregangan ringan bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap aktif. Jangan lupakan untuk beristirahat jika tubuh merasa lelah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan