Bahaya Kolesterol di Wajah, Berikut Gejala yang Perlu Diwaspadai

JABAR EKSPRES – Kolesterol tinggi bukan hanya menimbulkan gejala di leher yang kaku, tetapi juga bisa menampakkan tanda-tanda di wajah. Orang yang mengalami hiperlipidemia, atau tingkat kolesterol dan trigliserida tinggi, mungkin menunjukkan beberapa gejala kolesterol di wajah.

Gejala kolesterol di wajah, meskipun jarang terjadi, dapat memberikan petunjuk penting mengenai tingkat kolesterol seseorang. Salah satunya adalah munculnya bercak atau benjolan berwarna kuning pada kelopak mata atas dan bawah.

Baca juga :  Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Rempah-rempah, Kolesterol Turun Secara Alami!

Berikut adalah beberapa gejala kolesterol di wajah yang perlu diwaspadai:

  1. Cincin abu-abu pada mata (Arcus kornea)

Kolesterol tinggi bisa terlihat sebagai cincin abu-abu di mata yang di sebut arcus kornea. Gejala ini terutama di alami oleh mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi. Namun, satu-satunya cara untuk memastikan apakah seseorang memiliki kolesterol tinggi adalah melalui tes darah dan panel lipid.

  1. Benjolan kuning pada kelopak mata (Xanthelasma)

Xanthelasma atau benjolan kuning pada kelopak mata adalah lesi kulit yang terjadi akibat penumpukan kolesterol di bawah permukaan kulit. Mereka dapat muncul sebagai benjolan kecil, nodul, atau tumor jinak yang semakin membesar seiring waktu. Xanthelasma terbentuk akibat kolesterol tinggi, meskipun tidak semua orang dengan kolesterol tinggi akan mengalaminya.

  1. Lichen planus

Lichen planus adalah kondisi umum yang menyebabkan ruam gatal pada kulit atau di dalam mulut. Lichen planus oral dapat muncul sebagai bercak putih berenda pada lidah atau di dalam pipi. Penelitian telah menemukan hubungan antara lichen planus dan kadar lipid yang tinggi, termasuk kolesterol tinggi. Gejala yang umum terjadi adalah benjolan merah atau ungu yang terasa gatal. Gejala ini dapat muncul di tubuh, termasuk wajah, tetapi lebih sering muncul di pergelangan tangan, lengan, punggung, dan pergelangan kaki. Di dalam mulut, bercak putih dan titik-titik kecil pada lidah atau di dalam pipi dapat di sertai sensasi terbakar.

  1. Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi yang menyebabkan sisik pada kulit. Biasanya, gejala ini terjadi di kulit kepala, lutut, siku, dan punggung bagian bawah, tetapi juga dapat muncul di wajah. Sisik pada kulit terlihat berwarna merah muda atau merah pada kulit yang lebih terang, sedangkan pada kulit yang lebih gelap, bercak psoriasis mungkin tampak lebih gelap atau berwarna keunguan. Orang dengan psoriasis biasanya mengalami fluktuasi antara periode kambuh dengan gejala yang intens dan periode remisi dengan gejala yang berkurang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan