Pemerintah Tak Cepat Tanggap, Jabar Bergerak KBB Fasilitasi Pembangunan Rumah Sukiman

JABAR EKSPRES –  Jabar Bergerak Kabupaten Bandung Barat fasilitasi perbaikan rumah Sukiman, warga Kampung Legok Nangka RT 02 RW 09, Desa Campaka Mekar, Kecamatan Padalarang.

Diketahui sebelumnya, Sukiman (34) beserta istri hidup bersama empat ekor kambing dan 10 unggas dalam satu atap.

Bersama seorang putranya berusia 8 tahun, pasangan ini hidup berbagi tempat dengan hewan peliharaannya. Meski lahan milik sendiri, mereka tak mampu membangun rumah layak dari hasil berbagi urus ternak.

Bangunan ini bertiang bambu, beratap asbes dan berlantai tanah. Di dalam bangunan itu terdapat kandang domba berukuran 2×5 meter, beberapa kandang unggas, dan sebuah kamar tidur sekaligus dapur berukuran 2×2 meter.

Ketua Jabar Bergerak KBB, Sonya Fatmala mengatakan, kondisi keluarga Sukiman tersebut menggugah hatinya untuk berbuat sesuatu untuk Sukiman beserta keluarganya.

BACA JUGA: Punya Pengalaman Sebagai Rektor dan Menteri Pendidikan, Anies Baswedan Diyakini Unggul di Debat Capres Terakhir

“Jabar bergerak turun untuk memenuhi panggilan dari masyarakat karena begitu viralnya kondisi rumah Ibu Siti dan Pak Sukiman yang hidup satu rumah beserta kambing peliharaannya,” katanya saat ditemui di lokasi, Minggu (4/2/2024).

Ia menambahkan, melihat kondisi keluarga dan rumah yang memprihatinkan tersebut dirinya memutuskan untuk segera mengambil tindakan dengan memfasilitasi perbaikan rumah.

“Insya Allah akan kami bantu terkait dengan pembangunan rumah lebih layak lagi,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya dalam satu minggu kedepan menunggu terkait kepemilikan dan luas lahan yang ditempati oleh Sukiman sekeluarga tersebut.

“Mohon berikan waktu seminggu karena saya juga menunggu data soal luas tanahnya berapa. Supaya nanti ketika rumahnya sudah terbangun tidak menjadi perebutan tanah dengan orang lain,” katanya.

BACA JUGA: Usai Diamankan Polisi, Puluhan Remaja Gerombolan Bermotor Cium Kaki Orang Tuanya

“Kami akan membuat RAB-nya dulu terkait dengan skema rumahnya seperti apa kandang kambingnya dimana. Lalu kami juga akan belanja bahan bangunan dulu mudah-mudahan paling lama seminggu ini sudah sudah bisa mulai terbangun,” katanya.

Ia menegaskan, sebelum melakukan pembangunan pihaknya juga harus memikirkan tempat tinggal untuk Sukirman dan keluarga. Selain itu, harus dipikirkan pula posisi kandang kambing yang tepat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan