Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, SMAN 5 Cimahi Gelar Bimbingan Teknis

JABAR EKSPRES – Pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) SMAN 5 Cimahi bertujuan meningkatkan mutu pembelajaran melalui penerapan metode pembelajaran yang efektif dan optimalisasi kolaborasi dalam komunitas belajar.

Data rapor pendidikan SMAN 5 Cimahi menunjukkan bahwa salah satu aspek yang perlu ditingkatkan adalah metode pembelajaran.

Guru Bahasa Inggris SMAN 5, Ketua Pelaksana Bimtek, Mumpuni Martini mengatakan kegiatan bimbingan teknis yang dilaksanakan oleh SMAN 5 Cimahi di semester genap tahun 2024.

“Metoda pembelajaran ini ada di dalam kegiatan pembelajaran, dimana para guru menerapkan di kelas,” ucapnya pada Jabar Ekspres di Ruang Guru, Sabtu 3 Februari 2024.

Menurut Mumpuni, para pendidik harus memahami metode penyusunan assessment atau penilaian terhadap siswa, mengingat adanya perubahan kurikulum.

Walaupun menurutnya prinsip dasarnya tetap, kurikulum merdeka menempatkan fokus yang lebih besar pada kepentingan siswa, meskipun menggunakan teknik-teknik yang mirip dengan kurikulum sebelumnya.

“Maka itu kami perlu meningkatkan kemampuan para guru untuk meningkatkan metoda pembelajarannya,”ungkapnya.

“Disitu ada bagaimana guru merancang penilaian dengan cara test awal kemampuan, gaya belajar, pendampingan pada siswa,” tambah Mumpuni.

Diharapkan bahwa hasil dari pelatihan ini akan diimplementasikan dalam perencanaan kelas mereka, yang dikenal sebagai modul ajar. Para peserta akan merancang strategi mengelola kelas, menyusun soal, serta menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan siswa berdasarkan kondisinya.

“Dengan diadakannya bimtek ini, selain untuk memberikan penguatan juga memberikan penguatan ilmu supaya para guru memahami kondisi kurikulum merdeka seperti apa penerapannya,” kata Mumpuni.

Sebanyak 112 guru dari SMAN 5 mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek). Setelah mengikuti Bimtek ini, diharapkan para pendidik mampu merancang perencanaan pembelajaran secara efektif, sesuai dengan karakteristik siswa mereka.

“Harapannya semua tenaga pengajar disini memiliki kemampuan yang lebih baik lagi, untuk merancang kegiatan ya di kelas dan lebih menyenangkan lagi dan lebih berpihak pada murid lagi,” tandas Mumpuni.

Ditempat yang sama, salah satu guru peserta Bimtek, Eni Sumiyarni mengatakan dalam tiga hari pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek), hasilnya sangat positif dan bermanfaat, terutama bagi para guru yang tengah menjalankan kurikulum merdeka.

Writer: Firman Satria

Tinggalkan Balasan