Apa Itu Jalur SPAN PTKIN? Ini Bedanya dengan SNBP 2024

JABAR EKSPRES – Bagi Anda yang berencana mendaftar jalur SPAN PTKIN, ketahui perbedaannya terlebih dahulu dengan SNBP 2024.

Banyak orang masih kurang paham tentang perbedaan antara SNBP dan SPAN PTKIN.

Hal ini karena keduanya menerapkan seleksi dengan berdasarkan nilai rapor para siswa.

SNBP, singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, adalah salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang menggantikan sistem sebelumnya yang dikenal sebagai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Sementara itu, SPAN PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN) menjadi salah satu proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

SNBP dan SPAN PTKIN adalah jalur masuk ke Perguruan Tinggi yang tidak melibatkan tes dan tidak memungut biaya pendaftaran karena dibiayai pemerintah alias gratis.

BACA JUGA: Ayo Cek! Daftar Prediksi Nilai Rapor SNBP 2024 ITS, Semua Jurasan mulai Teknik Informatika hingga Arsitektur

Namun, terdapat perbedaan signifikan antara keduanya, terutama terkait universitas yang menjadi tujuan.

SNBP diadakan untuk kampus di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, sementara SPAN PTKIN diselenggarakan untuk universitas di bawah Kementerian Agama seperti UIN, IAIN, dan STAIN.

SNBP 2024 mencakup 94 Perguruan Tinggi Negeri dari Aceh hingga Papua, sementara SPAN PTKIN 2024 hanya diikuti oleh 59 PTKIN.

BACA JUGA: Selain SNBP 2024, Ini 6 Jalur Seleksi di UIN Jakarta, Gap Year Jalur Mana?

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan