Film Dokumenter Eksil Tentang Apa? Tayang di Bioskop Mulai 1 Februari 2024

JABAR EKSPRES – Film dokumenter terbaru berjudul Eksil karya sutradara Lola Amaria akan segera diputar di bioskop mulai Kamis, 1 Februari 2024.

Film ini menggambarkan potret sejarah kelam Indonesia selama periode kekacauan politik Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) 1965.

“Eksil” merangkum pengalaman tragis orang-orang Indonesia yang menjadi korban pada masa itu dan akhirnya terdampar di berbagai negara seperti Rusia, Belanda, Ceko, Swedia, dan tempat lainnya.

Film “Eksil” telah meraih penghargaan sebagai film dokumenter terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2023.

Penonton dapat menikmati film ini di berbagai bioskop ternama, termasuk Plaza Senayan XXI Jakarta, AEON Mall BSD City XXI Tangerang, Mega Bekasi XXI, TSM XXI Bandung, Ciputra World XXI Surabaya, Ringroad Citywalks XXI Medan, Empire XXI Yogyakarta, serta Cinepolis Plaza Semanggi, Mall Lippo Cikarang, Flix Ashta SCBD, hingga CGV Aeon Mall Jakarta Grand Cakung (JGC) dan CGV JWalk Jogja.

Berikut sinopsis film Eksil yang dapat Anda ketahui ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Idol Grup Korea Seventeen Diboikot Penggemarnya Sendiri, Apa Hubungannya dengan Jepang?

Sinopsis Film Dokumenter Eksil

Dilansir dari laman Lembaga Sensor Film RI, dokumenter yang panjang ini mengulas sejarah kelam Indonesia setelah terjadinya peristiwa politik pada 1965, yang dikenal sebagai “Gerakan 30 September.”

Selain dari kasus pembunuhan massal, penangkapan, dan penahanan terhadap anggota serta pendukung Partai Komunis Indonesia (PKI) di dalam negeri, di luar negeri juga dialami penderitaan oleh para pelajar dan mahasiswa yang sedang menimba ilmu dan mendapat beasiswa ke luar negeri, dari Pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Soekarno.

Lebih dari tiga puluh tahun, para eksil itu terpaksa tinggal di luar negeri dan tak bisa kembali ke tanah air. Pengalaman yang pahit dan berkepanjangan.

Di samping kehilangan status kewarganegaraan dan kehilangan hubungan keluarga serta kenalan di Indonesia, mereka juga harus bekerja di berbagai bidang bahkan di luar bidang keahlian dan keilmuan mereka.

BACA JUGA: Kapan Film Siksa Kubur Tayang di Bioskop? Film Terbaru Karya Joko Anwar

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan