TikTok Ujicoba Video Durasi 30 Menit untuk Menyaingi YouTube

JABAR EKSPRES – Platform TikTok yang awalnya hanya berfokus pada video vertikal dengan durasi pendek, kini melakukan beberapa perubahan.

TikTok saat ini sudah bisa mengunggah atau menonton dengan video horizontal dengan durasi yang cukup panjang.

Platform TikTok pun memberikan kelebihan kepada para konten kreator yang mengunggah video dengan durasi lebih dari satu menit.

Platform tersebut menjelaskan bahwa mereka akan meningkatkan video-videonya dalam waktu 72 jam usai diunggah. Kemudian konten kreator yang sudah menggunakan aplikasi tersebut lebih dari tiga bulan dan telah memenuhi syarat maka akan memperoleh peningkatan jumlah penonton, dengan catatan video tersebut bukan partai politik atau iklan.

Baca juga: Rekomendasi 5 HP Terbaik untuk Live Streaming TikTok dan Shopee, Dijamin Anteng!

TikTok pun nampaknya ingin YouTube-isasi platformnya, hal tersebut dibuktikan dengan pengujian video dengan durasi 30 menit, dan hal tersebut dilakukan beberapa bulan usai memperluas durasi video sampai 15 menit.

Ini bukan pertama kalinya TikTok mendorong asetnya yang paling berharga, yaitu para kreator, untuk memposting lebih banyak konten seperti YouTube di platform ini. Program paywall barunya, Series, memungkinkan pengguna membuat koleksi video hingga 20 menit untuk pelanggan berbayar.

Para kreator bisa menetapkan harga mulai dari $1 hingga $190. Dengan video horizontal dan preferensi yang meningkat untuk konten yang lebih panjang – pembuat konten mungkin tergoda untuk mengkanibal materi YouTube mereka.

Meskipun YouTube, atau setidaknya YouTube Shorts, masih membayar kreator lebih banyak, mengulang konten yang sama di berbagai platform sudah terjadi.

YouTube, di sisi lain, memperkenalkan lebih banyak fitur sehingga akan terasa lebih seperti TikTok.

Baca juga: Cara Dapat Uang Cepat dengan TikTok Affiliate, Panduan Lengkap dan Tips Sukses!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan