Gelar Aksi Penanaman 1000 Pohon di Sungai Cimahi, Paguyuban Paku Sunda Wujudkan Keberlanjutan Ekosistem Alam

JABAR EKSPRESS  – Paguyuban paku Sunda Mandat Puseur Kota Cimahi turut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman 1000 Pohon dengan mengintensifkan program SARIMBIT (Sedekah Seribu Bibit).

Inisiatif ini dilaksanakan untuk kedua kalinya di sekitar Sungai Cimahi pada Sabtu, 27 Januari 2024.

Dilakukan upaya untuk melestarikan alam melalui kegiatan seperti penanaman pohon dan penyelenggaraan seminar yang membahas peran krusial organisasi dalam mendukung lingkungan dan sungai.

Ketua Paguyuban Paku Sunda, Gani Abdul Rahman, menyatakan, paguyuban telah berhasil memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan sungai.

Hal ini sesuai dengan amanah dari para sepuh terdahulu, yang menyimpan berbagai siloka melalui keberlanjutan alam.

BACA JUGA: KPU Kabupaten Bandung Prioritaskan Distribusi Logistik Pemilu Mulai dari Daerah Terjauh

“Pentingnya peran pohon dalam mempertahankan kehidupan manusia di Bumi tidak dapat diabaikan. Upaya untuk mendukung hal ini terus dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk PGWI Bandung Raya, Badega Cimahi, dan para penggiat lingkungan di Cimahi,” ucap Gani saat dijumpai Jabar Ekspres, Selasa 30 Januari 2024 di Mandat puseur Paguyuban Paku SundaRT 04 RW 19 Kel. Cibabat Kota Cimahi.

Gani menekankan peran signifikan organisasi dalam menjaga kelestarian sungai dan alam, terutama di kawasan Cimahi yang merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang membutuhkan perhatian khusus.

Menurutnya, penanaman pohon di area sempadan sungai merupakan tindakan yang harus dilakukan untuk menjaga keberlanjutan lingkungan.

“Kami turut berpartisipasi secara aktif dalam melestarikan lingkungan dengan melakukan penanaman lebih dari 1000 pohon buah dan pepohonan sejak tahun 2021 hingga saat ini,” ungkap Gani sembari menunjukan bibit pohon.

Selain itu, Gani menambahkan penanaman 1000 pohon ini bukan hanya sebagai tindakan simbolis saja.

BACA JUGA: Tabel Kematian Aplikasi Penghasil Uang BIT Terungkap, Benarkah Hasil Investasinya Haram?

Akan tetapi juga sebagai panggilan kepada Paguyuban Paku Sunda, pimpinan Kota Cimahi, untuk giat melakukan penanaman pohon guna menjaga keseimbangan ekosistem dan sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim.

“Paguyuban paku Sunda Cimahi secara konsisten berupaya memberikan nilai tambah dan pendidikan kepada generasi muda di wilayah Cimahi,” ungkap Gani dalam pernyataannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan