Menang Dramatis Atas Irak, Jordania Pastikan Lolos ke Babak 8 Besar Piala Asia 2023

JABAR EKSPRES – Jordania menang 3-2 atas Irak setelah pertandingan yang dramatis di Stadion Internasional Khalifa, Qatar, Senin (29/1).

Tiga gol Jordania berhasil dicetak oleh Yazan Al-Naimat (45+1’), Yazan Alarab (90+5’), dan Nizar Mahmoud (90+7’), sedangkan dua gol Irak dicetak oleh Saad Natiq (68’) dan Aymen Hussein (78’).

Kemenangan dramatis atas Irak ini juga membuat Jordania lolos ke babak perempat final Piala Asia 2023.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim sama-sama memulai laga dengan agresif. Dalam 45 menit pertama, The Chivalrous, julukan Jordania, lebih unggul dengan serangan-serangan yang merepotkan baris pertahanan Irak.

Menit ke-17, Jordania gagal memanfaatkan peluang emas. Pasalnya Ali Olwan yang mendapatkan bola muntah hasil clearance kiper Jalal Hassan yang kurang sempurna tidak dimanfaatkan dengan baik oleh Olwan, meski gawang sudah kosong.

Dua menit setelahnya, Olwan kembali mengancam. Dengan hasil yang sama, tembakan Olwan ditepis kiper Irak sehingga gagal membuahkan gol.

Memasuki menit ke-26, Olwan lagi dan lagi gagal mengeksekusi peluang emas, padahal ia sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Singa Mesopotamia.

Pada laga yang memasuki menit-menit kritis, Jordania akhirnya membuka keunggulan setelah Yazan Al-Naimat yang lolos dari penjagaan bek Irak mengeksekusi tendangan dengan baik yang gagal diamankan Hassan. Skor 1-0 untuk Jordania menutup 45 menit pertama.

Irak lalu mengambil alih permainan babak kedua setelah tertinggal 0-1. Ahmed Al-Hajjaj memulai ancaman Irak dengan umpan crossing-nya yang hampir berbuah gol pada menit ke-48.

Tujuh menit setelahnya gantian Hussein Ali yang memberikan ancaman melalui tendangan kaki kanannya yang masih diselamatkan oleh Yazees Abulaila.

Serangan-serangan pasukan Jesus Casas akhirnya berbuah pada menit ke-68 dimana berawal dari sepak pojok, bek jangkung Saad Natiq berhasil menanduk bola yang memperdaya Yazees. Skor menjadi imbang 1-1.

Irak kemudian bermain semakin percaya diri. Pada menit ke-75, giliran strikernya Aymen Hussein yang mencatatkan namanya ke papan skor untuk membalikkan keadaan menjadi 2-1 setelah tendangan kerasnya membuat Yazees memungut bola dari gawangnya untuk kedua kali.

Petaka bagi Irak karena setelah gol itu, mereka bermain dengan sepuluh pemain seusai pencetak gol Hussein mendapatkan kartu kuning kedua bagi sang striker. Keunggulan pemain pun dimanfaatkan dengan baik oleh Jordania.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan