Diluar Beras, Harga Kepokmas di Berbagai Pasar Kota Bandung Cenderung Stabil

JABAR EKSPRES – Bakal masuk bulan Februari, harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) di pasar-pasar Kota Bandung pada pekan ini relatif stabil.

Jabar Ekspres coba membandingkan harga-harga komoditas yang rentan mengalami kenaikan yakni cabai, hingga bawang merah di beberapa pasar Kota Bandung.

Di pasar Sederhana, salah satu pedagang, Mulyana (38) menuturkan, harga cabai rawit pada pekan ini berkisar di harga Rp30.000 perkilo. Sedangkan bawang merah, mengalami kenaikan sebesar Rp2.000 perkilo.

“Cabai rawit sekarang perkilonya Rp30.000. Naik turun kalau cabai sih. Kalau bawang dari Rp20.000 sekarang jadi Rp22.000, naik Rp2.000 dari distributornya,” kata Mulyana kepada Jabar Ekspres, Selasa (30/1)

BACA JUGA : Gelar Razia Knalpot Brong, Polsek Cibeunying Kidul: Legalitas Resmi dari Polrestabes Bandung

Sedangkan di Pasar Kiaracondong terjadi kenaikan secara fluktuatif. Menurut salah satu pedagang sayuran, Andri (35) menuturkan, hal ini dikarenakan para penjualan banyak memborong dari Pasar Andir Kota Bandung. Hal ini yang menyebabkan tak teraturnya harga di Pasar Kiaracondong.

“Kalau rawit sekarang tuh Rp33.000 perkilo, itu kadang bisa naik lagi. Karena kebanyakan disini (pedagang) di pasoknya dari Pasar Andir dan ibaratnya kita tangan ketiga. Jadi kadang ganentu harganya,”

Sedangkan Bawang, kata Andri, kini harga berada di kisaran Rp24.000 perkilo. Terkait pasokan, menurutnya, hingga saat ini kepokmas masih relatif aman di Pasar Kiaracondong

“Bawang Rp24.000 kilo. Gak ada kelangkaan sekarang, aman semuanya ada,” kata dia.

Terakhir, di Pasar Induk Gedebage, kedua komoditi tersebut harganya relatif normal. Untuk cabai perkilonya Rp31.000, sedangkan bawang merah kini harganya Rp21.000.

“Masih aman, gak ada kenaikan yang besar kaya yang sebelumnya. Sekarang cabe Rp30.000an lah, kalau bawang mah dibawah Rp30.000,” kata Indra, salah satu pedagang di Pasar Induk Gedebage. (Dam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan