Tips Mengajarkan Anak Sholat Tepat Waktu, Agar Jadi Terbiasa

JABAR EKSPRES – Mengajarkan anak untuk melakukan sholat tepat waktu merupakan tantangan besar. Karenanya banyak orang tua yang mengeluhkan akan hal ini.

Pasalnya mengajak anak untuk sholat saja, sudah menjadi PR berat bagi orang tua bila tidak dibiasakan sejak dini. Apalagi mengajarkan untuk sholat tepat waktu.

Padahal sholat menajdi ibadah yang paling pertama ditanyakan di akhirat nanti. Karenanya mengajarkan anak untuk bisa sholat tepat waktu menjadi nilai yang sangat penting dalam pendidikan agama dan moral.

Baca juga : Bukan Sholat, Dzikir dan Puasa, Ternyata Ibadah Ini yang Lebih Disukai Allah

Berikut beberapa tips yang dapat membantu dalam mengajarkan anak untuk sholat tepat waktu:

1. Contoh yang Baik

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka. Oleh karena itu, menjadi contoh yang baik dalam menjalankan sholat tepat waktu sangat penting. Pastikan Anda sendiri konsisten dalam menjalankan sholat tepat waktu dan tunjukkan kepada anak Anda betapa pentingnya sholat dalam kehidupan sehari-hari.

2. Ajarkan Pentingnya Sholat

Berbicaralah dengan anak Anda tentang pentingnya sholat dalam Islam dan bagaimana sholat adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim. Jelaskan konsep kepatuhan kepada Allah SWT dan kegunaan sholat dalam menjaga koneksi spiritual dengan-Nya.

3. Buat Jadwal

Buat jadwal harian untuk sholat bersama dengan anak Anda. Tunjukkan pada anak Anda bahwa sholat adalah sesuatu yang rutin dan tidak boleh dilewatkan. Ajarkan mereka waktu-waktu sholat dan jelaskan mengapa penting untuk melaksanakan sholat tepat waktu.

4. Libatkan Anak dalam Persiapan

Libatkan anak Anda dalam persiapan sebelum sholat, seperti wudhu dan menyiapkan tempat sholat. Ini dapat membantu mereka merasa lebih terlibat dan bertanggung jawab terhadap sholat mereka.

5. Buat Aktivitas Menyenangkan

Buat sholat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan buku-buku cerita atau mainan interaktif yang mengajarkan anak tentang sholat. Anda juga dapat membuat permainan atau lomba yang melibatkan sholat, seperti siapa yang bisa menjalankan sholat tepat waktu atau dengan konsentrasi terbaik.

Baca juga : Susah Bisa Khusyuk Waktu Sholat, Coba Lakukan Tips ini

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan