7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Kesehatan Otak: Tips Santai untuk Jaga Otak Tetap Optimal

JABAR EKSPRES – Organ otak memegang peranan krusial dalam mengendalikan fungsi tubuh dan pikiran. Oleh karena itu, menjaga kesehatan otak adalah langkah penting untuk menjaga keseimbangan tubuh secara keseluruhan. Beberapa kebiasaan sehari-hari, tanpa disadari, dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan otak. Simaklah beberapa kebiasaan ini dan bagaimana kita dapat menjaga otak tetap optimal.

1. Konsumsi Obat-Obatan

Kebiasaan pertama yang dapat merusak otak adalah konsumsi obat-obatan tertentu. Menurut WebMD, beberapa jenis obat seperti antidepresan trisiklik dan antihistamin yang dijual bebas dapat memblokir aksi asetilkolin, sebuah senyawa kimia otak yang memiliki peran penting dalam pembelajaran dan memori. Studi menunjukkan bahwa konsumsi obat-obatan ini dalam jumlah tinggi dan jangka panjang dapat meningkatkan risiko demensia. Oleh karena itu, bijaklah dalam mengonsumsi obat-obatan dan konsultasikan dengan dokter jika diperlukan.

2. Terlalu Banyak Duduk

Menurut Health Harvard Edu, rata-rata orang dewasa menghabiskan enam setengah jam per hari untuk duduk. Kebiasaan ini dapat mempengaruhi kesehatan otak, terutama bagian memori. Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa terlalu banyak duduk dapat mengakibatkan perubahan pada lobus temporal medial (MTL), bagian otak yang berperan dalam pembentukan ingatan baru. Untuk menjaga kesehatan otak, Direktur Unit Penelitian Genetika dan Penuaan di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Rudolph Tanzi, menyarankan untuk bergerak setelah 15 hingga 30 menit duduk.

3. Kurang Terpapar Sinar Matahari

Kurangnya paparan sinar matahari juga dapat merusak kesehatan otak. Terlalu sering berada di ruangan redup yang tidak mendapat pencahayaan cukup dari sinar matahari dapat memperlambat kinerja otak, menyebabkan depresi, gangguan sistem saraf, dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Para peneliti merekomendasikan untuk menyempatkan diri berada di luar ruangan yang terpapar matahari pagi guna mendukung kesehatan otak.

4. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Asupan gula berlebihan dalam jangka waktu yang lama dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap protein dan nutrisi, mengakibatkan kondisi malnutrisi yang menghambat pertumbuhan otak. Kondisi ini dapat menghambat perkembangan otak, sehingga penting untuk membatasi konsumsi gula dan mengonsumsi makanan bergizi untuk mendukung kesehatan otak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan