Tips Menjaga Kesehatan Otak agar Terhindar dari Pikun

JABAR EKSPRESKesehatan otak merupakan hal yang sangat penting untuk di jaga agar dapat mencegah terjadinya penurunan kognitif pada usia senja.

Meskipun usia merupakan faktor risiko utama, namun kita dapat mengurangi risiko tersebut dengan mengadopsi gaya hidup sehat dan menghindari faktor risiko terjadinya demensia.

Berikut adalah beberapa tips cara efektif untuk menjaga kesehatan otak dan menghindari penurunan kognitif atau kepikunan.

Baca juga : Pria di Belanda Disebut Memiliki 550 Anak Akibat Sering Donor Sperma

1. Aktivitas Fisik yang Teratur

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko terjadinya pikun atau demensia.

Aktivitas fisik juga memberikan manfaat positif bagi kesehatan jantung, sirkulasi darah, berat badan, dan kesehatan mental.

Oleh karena itu, Anda dapat memilih aktivitas yang sesuai dengan minat dan menyenangkan, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau mengikuti kelas senam.

Jangan lupa, mulailah dengan langkah kecil dan tingkatkan intensitas secara bertahap.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang sangat penting dalam menjaga kesehatan otak.

Pastikan asupan makanan Anda mencakup protein, karbohidrat, vitamin, dan omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan otak.

Pilih makanan seperti alpukat, brokoli, biji-bijian, ikan salmon, dan ikan kembung yang kaya akan nutrisi penting untuk otak.

3. Berhenti Merokok

Merokok dapat merusak sirkulasi darah di seluruh tubuh, termasuk otak. Untuk menjaga kesehatan otak, penting untuk berhenti merokok sejak sekarang.

Semakin awal seseorang berhenti merokok, semakin banyak kerusakan otak yang dapat dihindari.

4. Aktif dalam Kegiatan Sosial

Terlibat dalam kegiatan sosial dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati, sehingga dapat mencegah terjadinya kepikunan.

Cari kegiatan sosial yang sesuai dengan minat Anda, seperti belajar, bermain musik, mengikuti organisasi, atau belajar bahasa baru.

Interaksi sosial melibatkan latihan berbagai fungsi kognitif, memberikan stimulus mental yang bermanfaat untuk otak.

5. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan otak. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko terjadinya penurunan kognitif.

Usahakan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dengan durasi tujuh hingga delapan jam setiap malam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan