Berniaga di Pinggir Gunungan Sampah

Yanuar Baswata, Jabar Ekspres

Kab Bandung – Gunungan sampah menghiasi Pasar Sehat Cileunyi (PSC), yang berlokasi di wilayah Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

AROMA tak sedap menyelimuti hidung siapapun yang melintasi area Tempat Penampungan Sampah (TPS) PSC. Kendati demikian, sebentuk bangunan permanen kokoh tetap berdiri di samping gunungan sampah tersebut.

Berada di area Utara PSC, seorang pria tak henti-henti merapihkan tokonya. Baik meja, lemari hingga mesin parut dia lap menggunakan kain secara bergantian.

Namanya Dani Ramdani (30), menjual kelapa parut serta santan setiap hari di pasar. Dia resmi terdaftar menjadi pedagang di PSC sejak 2011 lalu.

Ibarat pepatah, orang yang tak mau bekerja tidak akan memperoleh nafkah. Dani tetap optimis menjual kelapanya meski toko yang dia tempati bersebelahan dengan gunungan sampah.

“Dari awal PSC diresmikan, saya sudah berjualan kelapa di sini. Dulu tumpukan sampah di TPS belum begini kondisinya,” kata Dani yang menahan aroma tak sedap dengan kain buff bercorak kuning-coklat yang digunakannya sebagai masker.

Kepada Jabar Ekspres, Dani mengaku kurang nyaman dengan kondisi PSC yang sampahnya kerap melebihi kapasitas tampung TPS pasar. Menurutnya salah satu daya tarik serta kepuasan konsumen, bukan sekadar kualitas dan harga barang yang dijual, tapi kondisi tempat yang bersih pun menjadi nilai penting dalam berniaga.

Di tengah aroma tak sedap, Dani terlihat semangat menyulap tokonya agar tetap bersih. Meski upaya tersebut tidak merubah kondisi kotor, sebab pemandangan sampah yang menggunung ada tepat di samping kiosnya.

“Penjualan sudah pasti menurun, minat warga buat datang beli kelapa parut atau santan ke toko saya jadi enggan, karena merasa jijik harus becek-becekan, bau dan pasti enggak nyaman lihat sampah,” ujarnya yang mengenakan kaos polos abu-abu serta celana panjang berwarna hitam.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, keberadaan PSC sebelumnya mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 519 tahun 2008, tentang Pedoman Penyelenggaraan Pasar Sehat.

Untuk mewujudkan pembangunan Pasar Cileunyi bertransformasi jadi pasar sehat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menggandeng pengembang, yakni PT Belagi Karya Abadi (BKA).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan