Jadwal SNBP 2024 dan Cara Daftar Akun SNPMB

JABAR EKSPRES – Jadwal SNBP 2024 dimulai pada 14 Februari setelah siswa membuat akun SNPMB antara 8 Januari hingga 15 Februari.

SNBP 2024 merupakan salah satu seleksi nasional untuk penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN), dengan penilaian berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik maupun non-akademik.

Setiap PTN harus menyediakan kuota SNBP minimal 20 persen. Namun, siswa yang lulus SNBP tidak dapat mendaftar SNBT atau seleksi jalur mandiri di PTN manapun. Penting bagi siswa untuk memahami persyaratan SNBP 2024 dan cara memilih program studi saat mendaftar, berikut persyaratannya:

Persyaratan untuk SNBP 2024 termasuk menjadi warga negara Indonesia, memiliki NIK, memiliki NISN dan terdaftar di PDSS, memiliki nilai rapor yang diisikan di PDSS, wajib mengunggah portofolio bagi program studi seni dan olahraga, dan memiliki prestasi akademik serta memenuhi persyaratan PTN.

Baca Juga: Syarat Daftar KIP Kuliah 2024, Bisa Dapat Rp 12 Juta Per Semester

Kemudian untuk pemilihan program studi dapat dilakukan dengan memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN, dengan catatan jika memilih dua program studi, salah satunya harus di PTN yang berada di provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asal.

Tahapan SNBP meliputi pengisian PDSS, pendaftaran SNBP, memilih program studi, mengunggah portofolio, seleksi jalur SNBP, pengumuman SNBP, dan daftar ulang.

Jadwal SNBP 2024 meliputi pengumuman kuota sekolah pada 28 Desember 2023, masa sanggah kuota sekolah dari 28 Desember 2023 hingga 17 Januari 2024, pengisian PDSS dari 9 Januari hingga 9 Februari 2024, pendaftaran SNBP dari 14 hingga 26 Februari 2024, dan pengumuman hasil SNBP pada 26 Maret 2024.

Cara Daftar Akun SNPMB 2024

Untuk membuat akun SNPMB 2024, kunjungi laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dan klik “Daftar”. Lalu, isi NISN, NPSN, dan tanggal lahir serta data lain yang diminta, dan klik “Kirim”. Setelah itu, buka email Anda dan klik tautan yang ada di kotak masuk/spam.

Untuk verifikasi dan validasi data SNPMB 2024, buka laman https://verval-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dan login dengan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Periksa dengan teliti data yang ditampilkan dan isi kolom yang masih kosong. Jika ada kesalahan data, lakukan perbaikan melalui sekolah dan tekan tombol perbarui data.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan