Khotmil Qur’an Ke-XVI Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Wisuda 458 Penghafal Al-Qur’an di Tanjungkerta Sumedang

Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Sukamantri Tanjungkerta Sumedang Jawa Barat baru-baru ini merayakan wisuda 458 santri yang telah berhasil menghafal Al-Qur’an. Acara berjudul Wisuda Khotmil Qur’an Ke-XVII ini berlangsung di Lapangan Pesantren Al-Hikamussalafiyyah pada Ahad (31/12/2023).

 

KH Sa’dulloh, Pimpinan Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, menjelaskan bahwa wisuda ini adalah kegiatan tahunan yang dilakukan secara rutin di pesantren. Total 458 santri dari 6 golongan berpartisipasi dalam wisuda kali ini.

 

Golongan pertama terdiri dari santri yang telah menghafal Al-Qur’an juz 30, sebanyak 251 orang. Kemudian, golongan kedua terdiri dari 45 santri yang telah menghafal 5 juz. Selanjutnya, golongan ketiga terdiri dari 53 santri yang telah menghafal 10 juz, dan golongan keempat terdiri dari 12 santri yang telah menghafal 20 juz.

 

Golongan kelima adalah para santri yang telah menamatkan pembacaan Al-Qur’an 30 juz, sebanyak 66 orang. Sedangkan, golongan terakhir terdiri dari 31 santri yang telah menghafal seluruh 30 juz Al-Qur’an.

 

KH Sa’dulloh melanjutkan dengan menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan wisuda berlangsung selama seminggu, dimulai dari tanggal 25 hingga 31 Desember 2023. Acara dimulai dengan Musyabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) antar pesantren se-Kabupaten Sumedang pada hari pertama.

 

Kegiatan selanjutnya termasuk halaqoh ulama Al-Qur’an, seminar kesehatan tradisional, temu alumni Pesantren Lirboyo se-Jawa Barat, dan Musyawarah Cabang III Himasal Priangan pada hari-hari berikutnya. Ada juga sima’an Al-Qur’an di 40 masjid di Kecamatan Tanjungkerta yang dilakukan oleh peserta wisuda pada hari keempat.

 

Acara ziarah ke makam pendiri Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, pawai ta’aruf peserta wisuda di jalan kecamatan, serta upacara puncak Wisuda Khotmil Qur’an Ke-XVII menjadi highlight pada hari terakhir.

 

KH Sa’dulloh berharap agar para wisudawan menjadi Ahlul Qur’an dan Hamilul Qur’an sebagai bagian dari semangat penyebaran nilai-nilai Al-Qur’an di masyarakat luas. (Ayi Abdul Kohar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan