Hati-Hati Oversharing di Media Sosial, Cek Bahayanya di Sini!

JABAR EKSPRES – Kehidupan manusia saat ini sangat bergantung dengan media sosial. Dengan hadirnya media sosial, kini manusia dapat berinteraksi antara satu dengan lainnya secara virtual.

Peranan media sosial sangat membantu manusia untuk berkomunikasi, berbagi informasi, berbagi konten, hingga mencari informasi terhangat. Begitu besarnya dampak media sosial bagi manusia seiring dengan pesatnya pengembangan internet.

Media sosial selain memiliki dampak positif juga memiliki dampak negatif. Salah contoh dampak negatif dari adanya media sosial yaitu perilaku oversharing dari penggunanya.

Apa Itu Oversharing?

Melansir dari Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, Hoffman (2009) mengartikan istilah oversharing sebagai pengungkapan informasi yang berlebihan atau tidak sesuai dengan konteks tertentu (Hanif Akbar, 2020:259).

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Film yang Berfokus pada Kesehatan Mental!

Oversharing juga dapat diartikan ketika seseorang terlalu banyak membagikan tentang kehidupan pribadinya di media sosial, seperti Facebook, X, Instagram, TikTok, WhatsApp, dan sebagainya.

Informasi yang dibagikan bisa berupa foto, video, atau informasi pribadi yang berkaitan dengan aktivitas kehidupan sehari-harinya.

Sebagian besar orang yang sering melakukan oversharing justru tidak menyadari dengan apa yang dilakukannya. Padahal, tidak semua orang yang terkoneksi dengan akun media sosialnya adalah teman.

Motif Perilaku Oversharing

Menurut Hanif Akbar (2020), sebagian besar motif pelaku oversharing antara lain menjaga relasi sosial dengan orang lain, melakukan presentasi diri, serta mendapatkan hiburan dan belajar.

Selain itu, masih banyak alasan yang menjadi seseorang oversharing di media sosial, seperti memiliki kecemasan pada lingkungan sekitar, sulit membaca situasi, memiliki personal boundaries yang buruk, dan kecanduan media sosial.

Perilaku oversharing memang mengganggu dan menimbulkan dampak negatif jika tidak disikapi dengan bijak.

Mengapa Oversharing Berbahaya?

Perilaku oversharing dapat berbahaya bagi pelakunya, sebab selain mempengaruhi psikologis juga bisa menjadi bumerang di kemudian hari. Berikut adalah alasan mengapa oversharing berbahaya yang harus diketahui:

1. Kesehatan Mental Menurun

Oversharing dapat menyebabkan kesehatan mental menurun, terlebih lagi ketika orang yang melakukan oversharing tidak mendapatkan respons yang memuaskan.

BACA JUGA: 5 Cara Mengendalikan Emosi Secara Psikologi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan