Hati-Hati Oversharing di Media Sosial, Cek Bahayanya di Sini!

Oversharing juga dapat menyebabkan Fear of Missing Out atau FOMO yang merupakan rasa ingin mengikuti tren dan tidak ingin tertinggal. FOMO dapat merugikan efek kesehatan mental yaitu rasa ketidakpuasan.

2. Cyber Crime

Oversharing di media sosial akan membuka peluang terjadinya cyber crime, seperti nama lengkap, alamat, tanggal lahir, atau nomor identitas bisa saja disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

3. Memudahkan Niat Jahat Orang Lain

Oversharing bisa menjadi kesempatan untuk memudahkan niat jahat orang lain. Orang yang berniat jahat dapat mengamati kegiatan kamu lewat postingan di media sosial. Misalnya, saat kamu menggunggah postingan sedang tidak berada di rumah atau kebiasaan setiap hari, hal ini bisa dimanfaatkan orang untuk melancarkan niat jahatnya.

Itulah bahayanya oversharing di media sosial. Salah satu cara terbaik untuk mencegah oversharing adalah memastikan akun kamu ke private (rahasia).

Pertimbangkan kembali postingan yang akan kamu unggah ke media sosial, sebab dikhawatirkan akan dimanfaatkan oleh penjahat cyber crime.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan