Sah! Hadapi Pemilu 2024, Kota Bandung Lantik Serentak Lebih dari 51.000 KPPS 

JABAR EKSPRES – Ditengah waktu yang semakin dekat dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Kamis 25 Januari 2023.

Bertempat di Sport Jabar, Kota Bandung. sebanyak 3.419 KPPS asal Arcamanik dan Antapani resmi dilantik guna menyukseskan Pemilu di kawasan tersebut.

Namun, pelantikan pun berjalan bersamaan dengan wilayah dan kecamatan lain. Apabila ditotalkan secara keseluruhan, KPPS di Kota Bandung berjumlah 51.968 petugas.

BACA JUGA:  Panwascam Cimahi Tengah Ungkap Temuan Pelanggaran Kampanye

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menuturkan, KPPS menjadi aspek penting dalam keberlangsungan berjalannya pemilu di Kota Bandung.

“Peran KPPS sangat strategis sebagai ujung tombak pemilu. Tugas mereka menyiapkan TPS dan perlengkapan di dalamnya, serta menjaga ketertiban TPS saat penghitungan dan pemungutan suara untuk kedaulatan pemilih,” kata Bambang

Terlebih, Pemilu akbar bakal segera berlangsung. 19 hari lagi, masyarakat akan berdemokrasi menentukan pemimpin-pemimpin yang dirasa layak dalam mengawal keluh kesah maupun aspirasinya.

Maka dari itu, Diakui Bambang, hal tersebut menjadi tugas pihaknya dalam mengawal pemilu kondusif, yang bisa memberikan rasa aman dan nyaman dalam pesta demokrasi tersebut.

“Tahun 2024 ini kita punya tugas memastikan demokrasi ini berjalan dengan lancar kondusif aman di Kota Bandung. Bukan sekadar tanggung jawab KPU dan Bawaslu, tapi juga komponen lainnya, termasuk masyarakat melalui KPPS ini,” ungkapnya

Menurutnya, KPPS memiliki peran penting guna mewujudkan hal tersebut. Selain meminta agar para KPPS senantiasa menjaga kondisinya, Bambang Berharap, KPPS mampu menjalankan tugas secara transparan dan tidak memihak, serta bertanggung jawab untuk menjalankan nilai demokrasi.

“Para petugas perlu mengatur irama pekerjaan agar tidak mudah lelah karena rangkaian pemilu itu sangat padat,” pungkasnya. (Dam)

Writer: Sadam Husein

Tinggalkan Balasan