139.976 Surat Suara di Jabar Dilaporkan Rusak 

JABAR ESKPRES – Proses sortir dan lipat surat suara untuk pemilihan umum (pemilu) 2024 telah rampung. Ratus ribuan surat suara di Jawa Barat dilaporkan rusak.

Kepala Bagian Keuangan, Umum dan Logistik KPU Jabar Anton Firmansyah menguraikan, dari laporan yang masuk tercatat ada 139.976 suat suara rusak. “Itu update 23 Januari,” katanya kepada Jabar Ekspres.

Anton menguraikan, jika dirincikan, surat suara itu terdiri dari beberapa jenis. Untuk surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) ada 17.709 yang rusak. Lalu untuk DPR RI ada 43.640, DPD ada 21.915, kemudian surat suara DPRD Provinsi ada 56.721 rusak.

BACA JUGA: Kasus DBD Melonjak di Kota Cimahi: Dinkes Minta Warga Waspada

Selain surat suara yang rusak, KPU juga mencatat adanya surat suara yang kurang kirim. Yakni untuk PPWP ada 18.094, DPR RI ada 341.726, DPD ada 34.706 dan DPRD Provinsi ada 18.430.

 

Kerusakan suara suara itu termasuk yang ditemukan di Kota Bandung. Namun jumlah surat suara yang rusak di Kota Bandung tidak banyak. “Kalau di kami sebenarnya tidak terlalu banyak. Masih di angka nol koma sekian persennya saja,” terang Wenti Frihadianti saat ditemui selepas pelantikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Gedung Youth Centre Sport Arcamanik, Kota Bandung, Kamis (25/01)

 

Weti menambahkan, mekanismenya, surat suara yang rusak itu juga bakal diganti langsung oleh KPU RI. “Kami juga sudah mengajukan pergantian ke KPU RI,” imbuhnya.

 

Perempuan yang baru menjabat itu melanjutkan, pengajuan pergantian surat suara yang rusak itu juga melalui sistem yang telah disediakan. Sementara untuk surat suara yang rusak bakal dimusnahkan. “Nanti dimusnahkan bersama forkopimda,” tutupnya.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan