Cerita Gokil di Balik Layar Film ‘Not Friends’: Ujian dan Sahabat Abadi!

JABAR EKSPRES – Film Thailand “Not Friends” telah meraih perhatian sebagai film coming-of-age yang diangkat sebagai perwakilan Thailand di ajang Oscar 2024. Disutradarai oleh Atta Hemwadee, film ini menandai debut panjangnya. Menariknya, mayoritas pemainnya adalah aktor muda, menggambarkan kisah masa remaja di sebuah SMA di Thailand.

Sinopsis Not Friends

Pae (diperankan oleh Anthony Buisseret) merupakan seorang siswa SMA yang harus pindah sekolah di tengah-tengah tahun kelas 12, situasi yang membuatnya kesal. Di sekolah barunya, ia bertemu dengan Joe (diperankan oleh Pisitpol Ekaphongpisit), seorang siswa cemerlang yang mudah bergaul dan memiliki banyak teman. Joe berusaha berteman dengan Pae, tetapi ajakannya ditolak mentah-mentah.

Pae merasa bahwa pertemanan di sekolah barunya tidak akan berarti, karena ia hanya akan bersekolah di sana kurang dari setahun dan yakin tidak akan saling kenal setelah kuliah. Namun, keputusan ini berubah ketika Joe meninggal dalam kecelakaan mobil fatal, menyebabkan duka mendalam di sekolah.

Beberapa waktu kemudian, Pae memutuskan untuk mencari beasiswa untuk kuliah dan menemukan poster lomba film pendek yang menarik minatnya. Ia memutuskan untuk membuat film pendek tentang Joe sebagai bentuk penghormatan. Meskipun awalnya tidak begitu dekat dengan Joe, Pae merekrut teman-teman baru untuk membantu proyeknya.

Perjalanan pembuatan film membuka berbagai rahasia yang sebelumnya tidak diketahui, menguji persahabatan mereka. “Not Friends” tidak hanya mengisahkan tentang pembuatan film pendek, tetapi juga tentang kehidupan remaja dan makna sebenarnya dari persahabatan.

Debut Sutradara dan Pemeran

“Atta Hemwadee, penyutradara sekaligus penulis skenario, membawa sentuhan penuh emosi dalam debut penyutradaraannya. Ia berhasil menggambarkan kisah yang mengharukan dan penuh makna,” kata seorang penonton.

Film ini dibintangi oleh Anthony Buisseret, Pisitpol Ekaphongpisit, Thitiya Jirapornsilp, Tanakorn Tiyanont, dan Natticha Chantaravareelekha. Keberhasilan “Not Friends” sebagai perwakilan Thailand di Oscar 2024 menunjukkan potensi sinema Thailand dalam meraih pengakuan di kancah internasional.

Tantangan dalam Pembuatan Film

Meskipun Pae awalnya tidak begitu dekat dengan Joe, perjalanan pembuatan film membawa mereka menggali lebih dalam tentang persahabatan mereka. Mereka dihadapkan pada kenyataan bahwa terkadang kita tidak sepenuhnya mengenal seseorang bahkan jika kita berada di lingkungan yang sama.

Tinggalkan Balasan