PT KAI Tambahkan Dua Kereta Baru dari Stasiun Gambir Rute Garut dan Banjar

JABAR EKSPRES – Rabu (24/1/2024) PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah menambah dua kereta api (KA) baru yang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta dengan masing-masing rute menuju Garut dan Banjar, Jawa Barat.

Kedua KA baru tersebut, yakni KA Papandayan Ekspres relasi Gambir-Garut (PP), dan KA Pangandaran relasi Gambir-Banjar (PP) yang telah siap beroperasi hari ini, Rabu (24/1/2024).

Ixfan Hendriwintoko, selaku Manajer Humas Daop 1 Jakarta melansir pernyataan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyampaikan bahwa peluncuran KA-KA baru ini dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan pelayanan terhadap para pelanggan.

“Peluncuran KA-KA baru ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api,” jelas Ixfan dalam keterangannya di Jakarta, dikutip dari antaranews.

BACA JUGA: Tiket KAI Pangandaran Terbaru 2024, Ini Harga Kelas Ekonomi dan Eksekutif

KAI mengungkapkan bahwa peluncuran KA Papandayan tersebut dalam rangka memberikan pilihan perjalanan KA kepada para pelanggan KA, khususnya dari Stasiun Gambir ke Garut yang selama ini hanya dilayani oleh KA Cikuray relasi Pasar Senen-Kiaracondong-Cibatu-Garut.

Sementara, peluncuran KA Pangandaran memberikan pilihan bagi pelanggan KA dari arah Jakarta menuju Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, hingga Banjar atau sebaliknya.

Rangkaian KA Papandayan maupun KA Pangandaran terdiri atas satu panoramic, tiga kereta eksekutif, dan empat kereta ekonomi premium dengan total kapasitas tempat duduk sebanyak 508 tempat duduk pada masing-masing KA.

Jarak tempuh KA Papandayan akan menempuh perjalanan sekitar 4 jam 50 menit, sedangkan KA Pangandaran menempuh perjalanan selama 6 jam 55 menit.

Tarif yang dikenakan saat ini yaitu, KA Papandayan dibanderol dengan harga Rp252.000 untuk kelas eksekutif dan Rp156.000 untuk kelas ekonomi. Sedangkan tarif KA Pangandaran dibanderol dengan harga Rp296.000 untuk kelas eksekutif dan Rp180.000 untuk kelas ekonomi. Kedua tarif kereta tersebut telah termasuk promo sebesar 20 persen yang hanya berlaku hingga 31 Januari 2024.

BACA JUGA: Harga Tiket dan Jadwal KA Pangandaran Gambir, Bandung, Banjar PP!

Menurut data pada Rabu ini, KAI mencatat tiket KA Papandayan dan KA Pangandaran telah dipesan sebanyak 682 tiket untuk keberangkatan 24 hingga 31 Januari 2024. Jumlah tersebut akan terus bertambah karena penjualan secara daring masih terus berlangsung sampai waktu keberangkatan KA.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan