5 Negara Selain Indonesia yang Akan Menyelenggarakan Pesta Demokrasi 2024

JABAR EKSPRES – Indonesia akan menggelar pesta demokrasi pada 14 Februari 2024, tetapi ternyata tidak sendirian, sejumlah negara juga akan menyelenggarakan pemilihan umum pada tahun yang sama. Berikut adalah lima negara selain Indonesia yang memiliki jadwal pemilihan umum pada 2024.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat berencana menyelenggarakan pemilihan umum pada 5 November 2024. Nama-nama seperti Joe Biden dari partai Demokrat dan Donald Trump dari partai Republik muncul sebagai kandidat potensial, meskipun belum ada kepastian.

BACA JUGA : Israel Telah hancurkan 1000 Lebih Mesjid di Gaza

2. India

Negara demokrasi terbesar di dunia, India, berencana melakukan pemilihan umum sekitar April hingga Mei 2024. Pemilihan ini bertujuan untuk memilih 543 anggota parlemen rendah India, Lok Sabha, dengan PM Narendra Modi berusaha mempertahankan posisinya.

3. Rusia

Rusia juga akan menggelar pemilihan umum pada tahun ini, dengan pemilihan presiden pada 15-17 Maret 2024. Vladimir Putin mencalonkan diri kembali, bersaing dengan tiga kandidat lainnya, yaitu Vladislav Davankov, Leonid Slutsky, dan Nikolay Kharitonov.

4. Pakistan

Pemilihan umum dijadwalkan di Pakistan pada 8 Februari 2024. Dalam konteks krisis politik, tiga kandidat telah muncul, termasuk Nawaz Sharif, Bilawal Bhutto Zardari, dan Fazal-ur-Rehman. Imran Khan, meskipun mencalonkan diri, telah ditolak karena dilarang menjabat sebagai pejabat publik.

BACA JUGA : Syuhada di Gaza Telah Lampaui 25 Ribu Jiwa

5. Meksiko

Meksiko akan menyelenggarakan pemilihan umum pada 2 Juni 2024. Warga Meksiko akan memilih presiden baru dan 628 anggota legislatif. Claudia Sheinbaum, Xochitl Galvez, dan Jorge Alvarez Maynez adalah tiga kandidat yang telah mendaftar.

Selain itu, beberapa negara lain seperti Iran, Bangladesh, Ukraina, Korea Selatan, Ghana, dan Kamboja juga akan mengadakan pesta demokrasi pada tahun 2024 ini.  Semoga pemilu di seluruh dunia berjalan lancar dan membawa kemajuan bagi masing-masing negara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan