Tips Mengendalikan Belanja Online Agar Tidak Kebablasan

JABAR EKSPRES- Belanja online dapat berisiko kebablasan tanpa pengendalian diri, terutama dengan kenyamanan e-commerce yang dapat membuat seseorang tanpa sadar melakukan pembelian berlebihan. Kepraktisan, hemat waktu, dan harga yang lebih terjangkau membuat belanja online menjadi kebiasaan sulit dikendalikan. Dalam artikel ini kami akan bahas seputar tips mengendalikan belanja online.

Beberapa alasan orang lebih suka belanja online, seperti kepraktisan melihat produk lewat foto, membuat kegiatan ini menjadi kebiasaan sulit dikontrol. Untuk menghindari kebablasan, perlu memfokuskan pada kebutuhan utama dan menyusun daftar prioritas sebelum berbelanja.

Berikut adalah beberapa tips mengendalikan belanja online yang bisa kamu lakukan agae tidak kebablasan dan tetap stabil.

BACA JUGA : Analisis IHSG dan Rekomendasi Saham: Potensi Uji Level 7.278-7.30

1. Pertimbangkan Budget

Pertimbangkan budget yang dibutuhkan dari penghasilan bulanan setelah mengurangi tabungan dan pengeluaran rutin. Dengan perencanaan ini, belanja online dapat tetap dinikmati tanpa khawatir kebablasan.

2. Bandingkan harga produk

Rajin membandingkan harga produk di berbagai toko online penting untuk menghindari tergiur oleh harga murah. Perbandingan ini dapat membawa keuntungan, seperti promo tambahan atau biaya pengiriman gratis, tetapi tetap perlu memeriksa keaslian barang dan kredibilitas penjual sebelum berbelanja.

3. Perhatikan layanan

Perhatikan ketersediaan layanan after-sales saat berbelanja online. Layanan ini, seperti penukaran atau pengembalian barang, dapat melindungi pembeli dari kemungkinan mendapatkan barang tidak sesuai atau rusak, sehingga mengurangi risiko akumulasi barang yang tidak terpakai.

BACA JUGA : 5 Aplikasi Paylater Paling Terbaru di 2024: Cicilan Tanpa Beban dan Bunga Rendah

Itulah 3 cara yang bisa kamu coba untuk mengendalikan belanja online. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan