1st GREY Annual Award 2024, Ajang Kompetisi Seni Rupa Bagi Para Seniman

JABAR EKSPRESGrey Art Gallery menginisiasi Kompetisi Seni Rupa, yang berfokus pada ekspresi artistik dengan penekanan terhadap penciptaan karya monokromatik, yaitu mengacu pada penggunaan variasi tingkat kecerahan atau kegelapan dalam skala abu-abu atau hitam-putih.

GREY atau abu-abu adalah spektrum warna yang mempunyai kekayaan dalam kesederhanaannya, maka sekaligus mempunyai spektrum pemaknaan yang luas dalam dunia gagasan maupun metafora, mempunyai tantangan tersendiri bagi setiap seniman untuk menjelajahinya hingga tak terbatas.

Baca Juga: Kolaborasi Frank & co. dan Monica Ivena Resmi Luncurkan Koleksi Perhiasan Love Poetry Collection

Spektrum warna abu-abu di antara hitam dan putih atau GREY merupakan tajuk yang diambil untuk penyelenggaraan pameran yang didahului dengan panggilan terbuka untuk para seniman melalui Open Call, yang karya-karyanya dipilih oleh Tim Seleksi yang dibentuk oleh Grey Art Gallery, yakni, Rifky ‘Goro’ Effendy (Kurator), Toni Antonius (Seniman) dan Angga Aditya Atmadilaga (Dosen dan Manajer seni).

Rifky ‘Goro’ Effendy selaku kurator mengatakan, 1st Grey Annual Award merupakan pameran dan penghargaan seni rupa yang akan diselenggarakan secara tahunan oleh Grey Art Gallery, berfokus pada ekspresi artistik dengan penekanan terhadap penciptaan karya monokromatik yang mengacu pada karya dengan penggunaan variasi tingkat kecerahan atau kegelapan dalam nuansa abu-abu atau di antara hitam ke putih.

Menurutnya, Award bisa di ikuti oleh siapa saja baik dari seniman yang baru maupun seniman yang sudah mempunyai nama.

“Dengan adanya award ini, selain hadiah yang diperebutkan, tapi sebetulnya bisa menjadi ajang bagi seniman untuk mengenalkan karyanya-karyanya kepada publik, bahkan bisa meningkatkan terus karya-karyanya yang mungkin saja ada gallery yang tertarik untuk mengambilnya,” Ujar Rifky, Jum’at (19/1).

Award ini menawarkan hadiah dan penghargaan bagi seniman dengan karya terbaik. Inisiatif ini bertujuan memberikan kesempatan kepada seniman pendatang baru yang mungkin belum mendapatkan pengakuan luas atau akses ke platform besar untuk memamerkan karya-karya mereka.

Harapannya, kompetisi ini akan mendorong inovasi dan kreativitas dalam proses penciptaan karya seni, membawa pendekatan segar dan ide-ide baru yang menarik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan