1st GREY Annual Award 2024, Ajang Kompetisi Seni Rupa Bagi Para Seniman

“Lebih dari sekadar sebuah ajang perlombaan, kompetisi ini dirancang untuk memberikan eksposur yang lebih luas kepada seniman-seniman baru, memastikan bahwa karya mereka dapat dinikmati oleh penonton yang lebih besar, termasuk para pelaku medan sosial seni rupa profesional seperti kolektor, kritikus, art dealer, dan galeri,” imbuhnya.

Setelah melakukan proses seleksi administrasi dan penilaian oleh dewan juri, dengan berbagai pertimbangan dan penilaian dari jumlah submission yang diterima sebanyak 1290 karya dari 805 seniman.

“Dengan ini kami menetapkan 115 karya terpilih dari 111 seniman lolos tahap administrasi dan penjurian 1st Grey Annual Award 2024. Pendaftar berasal dari beberapa kota utama selain Bandung, seperti Yogyakarta, Malang, Bali maupun kota-kota di luar Jawa,” jelasnya.

Karya–karya yang terpilih memiliki berbagai karakter dalam gagasan dan garapan dengan tema-tema beragam. Karya-karya yang diterima hadir dalam berbagai bentuk visual dan media yang beragam. Menunjukan aktivitas lintas media yang berkembang pesat dengan mengombinasikan elemen-elemen seperti teknik konvensional yang dipadukan dengan penyelesaian digital, atau bahkan memasukkan konsep seni rupa dengan menambahkan unsur bunyi.

Penggunaan teknologi juga menjadi semakin dominan dalam menciptakan karya yang memanfaatkan ruang secara inovatif, serta berbagai elemen kreatif lainnya.

Keberagaman medium juga menjadi suatu gambaran besar bagaimana praktek seni rupa saat ini kerap dimanfaatkan sebagai media dalam menyuarakan isu-isu penting seperti sosial, lingkungan, gaya hidup, dan bahkan kesehatan mental. Seni sering digunakan sebagai alat untuk mengedukasi dan membangkitkan kesadaran.

Para juri akan melakukan pemilihan akhir pada saat karya-karya ini di display di ruang galeri untuk menentukan para pemenangnya, dan kemudian diumumkan pada menjelang akhir pameran atau pada bulan Maret 2024.

Ada beberapa kategori yang diberikan dalam 1st Grey Annual Award 2024 ini, antara lain:

Penghargaan Seniman Berbakat
Kategori ini diberikan kepada 3 seniman yang menunjukkan potensi dan bakat yang luar biasa dalam seni rupa. Batas umur dimulai dari usia 20 tahun, dan Uang Senilai Rp100.000.000 untuk Grey Award, Rp50.000.000 untuk Black Award, dan Rp25.000.000 untuk White Award.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan