Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina, Menhan RI Lepas KRI dr Radjiman

JABAR EKSPRES – Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto melepas keberangkatan kapal rumah sakit TNI AL KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 dari Dermaga Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta, Kamis 18 Januari 2024.

Kapal KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 akan melaksanakan pelayaran Muhibah/Port Visit ke Mesir, dalam rangka pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

Kapal tersebut akan berlayar selama 52 hari, melewati perairan yang berbahaya di Teluk Aden, Laut Merah, dan Laut Mediterania. Kapal tersebut akan tiba di Pelabuhan El Arish, Mesir, pada 22 Februari 2024.

Bantuan kemanusiaan yang dikirimkan berupa makanan, pakaian, air mineral, dan obat-obatan. Bantuan tersebut akan diserahkan kepada masyarakat Palestina yang terdampak konflik Israel-Hamas.

BACA JUGA: Resmi Dibuka! Summarecon Mall Bandung Siap Beri Efek Domino untuk Ekonomi Masyarakat

Dalam sambutannya, Menhan Prabowo menyampaikan salam dari Presiden RI Joko Widodo kepada tim satgas. Ia juga berpesan untuk memperhatikan hukum-hukum internasional, mengingat kawasan laut yang dilewati sangat berbahaya.

“Kita adalah negara yang tidak terlibat dalam perang, tetapi kita memiliki solidaritas dan tanggung jawab kemanusiaan dengan saudara-saudara kita di Palestina,” ujar Prabowo, dikutip Jabar Ekspres dari akun Instagram @kemhanri.

Menhan Prabowo meyakini, dengan tingkat latihan, disiplin dan semangat para prajurit, dapat menyelesaikan tugas ini serta kembali mengingatkan, untuk menjaga kehormatan bangsa, TNI, dan Angkatan Laut yang dicintai seluruh rakyat Indonesia.

BACA JUGA: Sederet Aksi Solidaritas Fans Celtic FC Kepada Palestina dan Kaum Imigran

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Laksamana TNI Muhammad Ali dan lembaga kemanusiaan lain yang turut membantu operasi kemanusiaan tersebut.

“Kita juga tidak akan berhenti membantu dalam kesempatan yang datang. Kita berniat kirim pesawat terbang untuk angkut bantuan, kirim kapal dan bantuan terus menerus. Mereka sangat butuh,” kata Prabowo, dikutip Jabar Ekspres dari Antara News.

Bantuan kemanusiaan yang saat ini tengah dibawa KRI dr. Radjiman untuk rakyat Palestina di Gaza terdiri atas berbagai jenis, termasuk pampers, pakaian anak-anak, pakaian dewasa, susu, biskuit, air mineral, obat-obatan, selimut, jaket, dan mie instan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan