Hujan Deras Dera Sukabumi, 5 Wilayah Digenangi Banjir

JABAR EKSPRES – Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi mulai dari Kamis (18/1) malam hingga Jum’at (19/1) menyebabkan 5 titik di Kecamatan Ciemas terendam banjir. 5 titik yang terendam banjir tersebut berada di Desa Mandrajaya, Desa Mekarsakti, dan Desa Tamanjaya.

Petugas Pusdalops (Pusat Pengendalian Operasi) BPBD Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria, menyampaikan bahwa hujan yang cukup deras dengan intensitas yang lama tersebut menyebabkan banjir di 3 titik berbeda di Kecamatan Ciemas.

“Situasi curah hujan dengan intensitas tinggi seja Jumat malam, sehingga mengakibatkan banjir dibeberapa titik di wilayah Kecamatan Ciemas,” ujar Sandra dalam keterangan yang dikutip Jabar Ekspres, Jum’at 19 Januari 2024.

Sandra kemudian memberikan rincian banjir tersebut. Pertama menggenang di wilayah Desa Mandrajaya, tepatnya di Jalan Citangkil RT 06 RW 04 yang menyebabkan terganggunya akses jalan.

“Terganggunya perjalanan anak sekolah SMAN 1 Ciemas yg beralamat di Kampung Citangkil, Desa Mandrajaya berangkat ke sekolah yang berada di wilayah Desa Ciwaru. Rata-rata ketinggian banjir kurang lebih 50 cm sampai 100 cm sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua mau pun roda empat,” terangnya.

BACA JUGA: Jatuh dari Kapal, ABK Asal Magelang Dilaporkan Hilang di Perairan Sukabumi

Kedua, banjir yang melanda Desa Mekarsakti menyebabkan 2 jembatan terendam. Meskipun terendam, akses tersebut masih bisa dilalui oleh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

“Jembatan Cikalong yang menghubungkan Desa Mekarsakti dengan Desa Ciwaru sementara masih bisa dilalui kendaraan. Kemudian Jembatan Citamiang yang menghubungkan Desa Mekarsakti dengan Desa Mandrajaya sementara masih bisa dilalui dan jembatan di Kampung Rancasalak Cisohir juga bisa dilalui,” jelasnya.

Masih kata Sandra, sedangkan dampak dari hujan yang menyebabkan banjir di Desa Tamanjaya terjadi di Jalan Cikoneng yang berstatus jalan desa ikut tergenang.

“Jalan Cikoneng RT 03 RW 09 tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, namun masih bisa dilalui oleh kendaraan roda 4 dengan R2 berhati-hati,” jelasnya.

Sambung Sandra, banjir yang terjadi di 5 titik tersebut rata-rata setinggi 50 cm. Dia juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati terutama dalam kondisi cuaca hujan seperti saat ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan