Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan SDM, Harapkan Realisasi Bantuan Modal

JABAR EKSPRES – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Cibabat pada hari Kamis, 18 Januari 2024, mengangkat tema perwujudan stabilitas perekonomian dan peningkatan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai fokus utama.

Lurah Cibabat, Faisal mengatakan usulan rating tertinggi tersebut mencakup tema tahun 2024, terutama dalam konteks mewujudkan pemberdayaan UMKM.

“Dan Alhamdulillah sekarang UMKM sudah di SK di setiap kelurahan hingga kota,” ucapnya usai ditemui awak media dalam kegiatan Musrembang Kelurahan Cibabat.

Faisal berharap,agar usulannya untuk memberikan bantuan modal kepada pelaku usaha di Kelurahan Cibabat dapat direalisasikan. Selain itu, ia juga menyoroti perlunya peningkatan insentif bagi SDM lembaga, khususnya ketua RT RW. Poin ini diangkat sebagai pertimbangan dalam kegiatan musrembang berikutnya di kecamatan, dengan harapan dapat menjadi prioritas yang diimplementasikan.

“Harapannya dalam usulan ini adanya bantuan modal untuk pelaku usaha yang ada di Kelurahan Cibabat,” harapnya.

Saat disinggung terkait kerja sama untuk meningkatkan finansial, Faisal mengatakan, kemungkinan kerja sama dapat terjadi, namun tidak melibatkan bank karena bersifat personal. Fokusnya adalah pada upaya fasilitasi bagi pelaku usaha yang telah mapan, seperti toko modern di wilayah Cibabat.

“Mungkin kita kelurahan memfasilitasi pada pelaku usaha yang ada dan sudah besar seperti toko modern yang ada di Cibabat,” jelas Faisal.

“Kita minta lahan sedikit untuk UMKM kita untuk berdagang supaya tidak berdagang di pinggir jalan dan membahayakan,” tambahnya.

Tindakan tersebut dilakukan melalui pelaku usaha yang memiliki skala besar. Menurut Faisal, untuk UMKM di Cibabat, terdapat sebuah perkumpulan UMKM di tingkat kelurahan, dan informasinya resmi diumumkan oleh pihak tingkat Kota pada hari ini.

“Ini berarti hal positif, dalam hal ini pemerintah kota membantu UMKM, kalau di kelurahan Cibabat sendiri perannya meningkatkan UMKM sering melibatkan UMKM kami seperti Bazar,” bebernya.

“Setidaknya, di Kelurahan Cibabat, terdapat berbagai bazar jajanan, termasuk kuliner dan fashion, yang dikunjungi oleh sejumlah orang,” pungkasnya. (Mong)

Writer: Firman Satria

Tinggalkan Balasan