Menteri Koperasi & UKM Apresiasi Desa BRILiaN Jadi Terobosan Pengembangan Potensi Desa

JABAR EKSPRES – Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023 sukses dilaksanakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk pada 10 Januari 2024 di Menara BRILiaN, Jakarta.

Acara ini menjadi wujud nyata komitmen apresiasi BRI bagi desa – desa yang dinilai aktif bergerak maju mendorong ekonomi kerakyatan. Hadir dalam acara tersebut Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama BRI Sunarso.

Dalam sambutannya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan bahwa UMKM bukan sekadar bisnis, melainkan juga sumber kehidupan perekonomian dan jantung kewirausahaan Indonesia.

UMKM sebagai penggerak, diproyeksikan mencapai 83,3 juta pada 2034. Hal ini menjadi sebuah peluang bagi pengembangan UMKM untuk berkontribusi dalam perekonomian. 

Pihaknya pun mengapresiasi BRI yang telah berkomitmen memberikan pemberdayaan kepada desa di seluruh Indonesia secara continue, salah satunya melalui program Desa BRILiaN.

”Program ini menjadi suatu terobosan mendorong desa di seluruh Indonesia untuk mampu mengembangkan potensi desa, meningkatkan kapabilitas baik berupa peningkatan softskill dan hardskill melalui aktivitas pemberdayaan yang berkesinambungan dan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di desa,” ujar Teten.

Ia berharap, melalui program ini BRI mampu menjadi lembaga jasa keuangan yang memberikan dampak baik bagi pertumbuhan ekonomi desa, terutama menggerakkan produk lokal di seluruh Indonesia. Perbankan diharapkan juga dapat fokus pada kemudahan pembiayaan untuk mendukung prospek pengembangan UMKM.

Seperti diketahui, Nugraha Karya Desa BRILiaN fokus pada pengembangan desa melalui empat aspek. Pertama, BUMDesa sebagai motor ekonomi desa.

Kedua, digitalisasi dalam implementasi produk dan aktivitas di desa. Ketiga, sustainability yakni ketangguhan dan kontinuitas membangun desa. Keempat, inovasi guna mendorong desa menjadi kreatif.

Tahun ini adalah kali ketiga program Nugraha Karya Desa BRILiaN dilaksanakan sejak pertama di tahun 2021. Adapun program Desa BRILiaN sendiri telah memasuki tahun keempat.

Desa BRILiaN merupakan program inkubasi desa yang bertujuan untuk menghasilkan role model dalam pengembangan desa. Hingga tahun 2023, program tersebut telah diikuti sebanyak 3.178 desa yang aktif berinisiatif serta berkomitmen maju melalui program-program yang telah direncanakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan