Mengenal 4 Karakter Manusia yang Diharamkan dari Api Neraka

JABAR EKSRPES – Tidak ada manusia yang mau masuk kedalam neraka, karena neraka merupakan seburuk-buruknya tempat bagi pendosa. Karenanya kita perlu tahu seperti apa karakter manusia yang diharamkan dari api neraka, agar kita termasuk kedalamnya.

Manusia yang diharamkan dari api neraka, berarti dia sama sekali tidak akan tersentuh oleh panasnya neraka. Tentu saja orang-orang seperti ini merupakan orang-orang pilihan yang memiliki sikap dan karakter mulia.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan at Tirmidzi dan Ibu Hibban serta di shahihkan oleh Al Albani, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah menyebutkan 4 golongan orang yang haram tersentuh api neraka, yaitu Hayyin, Layyin, Qarib dan Sahl.

Baca juga : Viral Seorang Transgender Tobat Usai Nonton Siksa Neraka

Sama halnya hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, berikut ini:

حُرِّمَ عَلَى النَّارِ كُلُّ هَيِّنٍ لَيِّنٍ سَهْلٍ قَرِيبٍ مِنَ النَّاسِ

Artinya: Diharamkan atas api neraka, setiap orang yang rendah hati, lemah lembut, mudah, serta dekat dengan manusia (HR Ahmad).

Berikut 4 karakter mulia manusia yang tidak akan tersentuh api neraka.

1. Hayyin

Hayyin adalah orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin.

Tanda-tanda orang ini yaitu, tidak labil dan tidak gampang marah, penuh pertimbangan, tidak mudah memaki, melaknat serta teduh jiwanya. Selain itu juga tidak sombong.

Hal ini terdapat dalam Hadits, sebagaimana Sabda Rosululah:

وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ

Artinya: Tiada orang yang rendah hati karena Allah kecuali Allah akan mengangkat derajatnya (HR Ahmad).

2. Layyin

Layying adalah orang yang lembut dan santun, baik dalam bertutur kata atau berbuat, tidak kasar, tidak semaunya sendiri.

Selain itu layyin juga merupakan gambaran manusia yang tidak suka egois atau memaksa, lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesama manusia.⁣

Sebagaimana firman Allah dalam surat Ali Imran ayat 159:

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ

Artinya: Dengan rahmat dari Allah engkau (Nabi Muhammad) lemah lembut terhadap umat, seandainya engkau kaku dan keras hati niscaya umat akan menyingkir darimu.

3. Qarib

Qarib adalah orang yang supel, akrab, ramah diajak bicara, menyenangkan, tidak acuh atau cuek, murah senyum, wajahnya berseri-seri dan enak dipandang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan