Bandara Angkasa Pura II Ungkap Jumlah Capaian Penumpang Sepanjang 2023

JABAR EKSPRES – PT Angkasa Pura II (Persero) mengungkapkan bahwa total penumpang secara kumulatif sepanjang bulan Januari hingga Desember 2023 mencapai sebanyak 80,14 juta penumpang di 20 Bandara AP II, Selasa (16/1/2024).

“Pencapaian ini juga menunjukan kemampuan AP II bersama pemangku kepentingan dalam mendorong optimalisasi slot times penerbangan di seluruh bandara,” ungkap SVP Of Corporate Secretary AP II Deni Krisnowibowo dalam keterangannya yang diterima di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (16/1/2024), dikutip dari Antara News.

Ia menyampaikan bahwa optimalisasi slot time dilakukan melalui pengaktifan kembali rute yang sempat ditutup saat pandemi, pembukaan rute-rute baru, serta peningkatan frekuensi penerbangan di rute eksisting, misalnya seperti pada bulan Oktober 2023 lalu dilakukan full operation bandara Kertajati (Jawa Barat).

BACA JUGA: Lakukan Pelayaran Perdana Tol Laut di Surabaya, Kemenhub Dorong Konektivitas Wilayah Timur Indonesia

Adapun realisasi jumlah penumpang pada tahun 2023 lebih tinggi 9 persen dibandingkan dengan target sebanyak 73,3 juta penumpang pesawat.

Jumlah total pesawat sepanjang 2023 itu pun meroket hingga 30 persen dibandingkan dengan jumlah penumpang di tahun 2022 yakni sebanyak 61,99 juta penumpang.

Sementara itu, jumlah pergerakan pesawat di 20 bandara secara kumulatif tercatat ada 599.699 penerbangan atau naik sebesar 19 persen.

Menurut Deni, jumlah penumpang pesawat yang meningkat serta melampaui target ini dikarenakan tidak lepas dari dukungan para pemangku kepentingan di seluruh bandara AP II, di antaranya Maskapai, Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, TNI, Polri, dan dukungan dari Kementrian BUMN, Kementrian Perhubungan, Masyarakat luas, serta Injourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung.

Deni menambahkan bahwa jumlah penumpang 2023 sebanyak 80,14 juta penumpang ini merefleksikan tingkat pemulihan (recovery rate) sebesar 99 persen dari kondisi sebelum pandemi pada tahun 2019 yang tercatat jumlah penumpang sebanyak 90,76 juta penumpang.

BACA JUGA: Kronologis Kapal Kargo KLM. Alinza III yang Karam di Perairan Tanjung Datu

“Recovery rate pada 2023 sudah menyentuh nyaris 90 persen, dan kami berharap pada 2024 recovery rate akan terus meningkat,” jelasnya, dikutip dari Antara News.

Deni mengatakan bahwa bandara AP II tersibuk dari sisi jumlah penumpang adalah Bandara Soekarno-hatta-tangerang (50,96 juta penumpang), Bandara Kualanamu-Deli Serdang (7,39 juta penumpang), Bandara Halim Perdanakusuma-Jakarta (3,79 juta penumpang), Bandara Sultan Syarif Kasim II –Pekanbaru (2,76 juta penumpang), serta Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II–Palembang (2,75 juta penumpang).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan