Bersiap! Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Segera Dibuka

JABAR EKSPRES – Proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 akan dimulai pada bulan Mei ini. Jika formasi yang tersedia belum terpenuhi, proses rekrutmen ini berpotensi dibuka hingga akhir tahun.

Total formasi CPNS dan PPPK 2024 yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo adalah sebanyak 2,3 juta, yang terbagi untuk kebutuhan instansi pusat dan daerah. Formasi tersebut meliputi tenaga guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Selain itu, sekolah kedinasan juga membuka beberapa formasi.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan bahwa pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 akan dibuka pada bulan Mei, namun jadwal pelaksanaan dan tahapan tes masih belum ditetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga: Berikut Formasi CPNS 2024

Jadwal pelaksanaan CPNS dan PPPK 2024 sudah disampaikan dalam rapat sosialisasi kepada pengelola kepegawaian, namun belum ditetapkan oleh Panselnas maupun KemenpanRB. Panselnas akan melakukan analisis terlebih dahulu sebelum menetapkan jadwal tersebut. Mereka akan memberikan update setelah keputusan sudah diputuskan.

Deputi Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, mengatakan bahwa seleksi CPNS dan PPPK 2024 akan dibuka lebih dari satu kali sesuai dengan UU 20/2023 tentang ASN. UU ini memberikan keleluasaan bagi pemerintah pusat dan daerah untuk menyelenggarakan rekrutmen agar organisasi bisa berjalan secara dinamis.

Tahap pertama rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 diharapkan akan dilaksanakan pada Mei 2024 dengan menyerahkan data melalui platform digital yang disediakan oleh BKN. Jadwal pelaksanaan seleksi akan diumumkan setelah melakukan pembahasan teknis dengan instansi terkait.

Pemerintah telah mengumumkan kuota rekrutmen ASN 2024 sebanyak 2,3 juta formasi. Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 juga memiliki alokasi yang cukup besar untuk fresh graduate, yaitu sebanyak 690.822 formasi. Rincian formasi CPNS dan PPPK 2024 meliputi instansi pusat dan daerah, dengan tenaga guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Selain itu, sekolah kedinasan juga membuka beberapa formasi sebanyak 6.027.

Dengan dibukanya rekrutmen CPNS dan PPPK 2024, diharapkan dapat mengisi kekurangan tenaga di berbagai instansi, baik pusat maupun daerah. Pelamar perlu memahami aturan dan alur pendaftaran untuk mempersiapkan diri secara optimal. Pendaftaran dijadwalkan akan dimulai pada bulan Mei, namun jadwal pelaksanaan dan tahapan tes masih dalam pembahasan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan