Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Mei, Cek Formasi dan Cara Daftar

JABAR EKSPRES – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengumumkan bahwa rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024, akan dilaksanakan pada Mei 2024.

Jadwal seleksi CPNS 2024 akan diumumkan setelah pembahasan teknis dengan seluruh instansi terkait.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menekankan pentingnya seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah (pemda) untuk memasukkan data di platform digital yang disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kementerian PANRB dan BKN sedang bekerja sama dalam mempersiapkan rekrutmen CPNS 2024. Targetnya, usulan instansi pemerintah harus dikonsolidasikan pada Januari 2024. Seleksi awal dijadwalkan pada Mei, dan jika formasi tidak terpenuhi, seleksi dapat dilanjutkan hingga akhir tahun.

Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan rekrutmen ASN tahun 2024 dengan total formasi sebanyak 2,3 juta. Instansi pusat mendapatkan 429.183 formasi, sedangkan instansi daerah mendapatkan 1.867.333 formasi.

Baca Juga: Inilah Formasi CPNS 2024

Formasi tersebut terdiri dari CPNS dan PPPK yang meliputi tenaga guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Jumlah formasi di instansi daerah lebih besar daripada instansi pusat karena adanya kebutuhan ASN yang lebih banyak di daerah.

Plt. Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja, berharap semua kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dapat memasukkan data pada platform digital tersebut. Dia menyebut bahwa tes rekrutmen CASN sudah direncanakan pada Mei dan apabila terdapat kekosongan, tes lainnya masih bisa dilakukan. Pemerintah berencana melakukan rekrutmen CASN maksimal tiga kali dalam setahun.

Pemerintah mendorong instansi pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, untuk memanfaatkan alokasi formasi yang telah diberikan sesuai kebutuhan. Tujuannya adalah untuk mewujudkan reformasi birokrasi melalui sumber daya manusia yang berkualitas.

Alokasi formasi tersebut juga diberikan bagi para lulusan baru yang ingin mengikuti seleksi dalam bidang dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis, serta digital talent dan sektor-sektor penting lainnya.

Formasi CPNS 2024

Kuota CPNS untuk tahun 2024 telah ditetapkan, dengan total kebutuhan sebanyak 2.302.453 orang. Dari jumlah tersebut, kuota CPNS untuk lulusan baru mencapai 690.822 orang, sementara kuota PPPK mencapai 1.605.694 orang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan