Intip Manfaat Bunga Rosela Bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Tekanan Darah?

JABAR EKSPRES – Tidak hanya cantik dan sedap dipandang, tanaman bunga rosela ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Bunga rosela ini kaya akan vitamin c, antioksidan, dan zat-zat lainnya yang dapat mendukung kekebalan dalam tubuh serta memilki potensi untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Hanya dari daunnya saja, tanaman bunga rosela ini dapat di olah menjadi teh atau minuman herbal yang dapat memberikan cita rasa segar dan asam yang khas saat diminum.

Seperti dirangkum dari beberapa sumber, berikut manfaat bunga rosela bagi kesehatan tubuh.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Dalam berbagai penelitian menunjukan bahwa ekstrak tanaman bunga rosela ini mampu menurunkan tekanan darah pada penderita sindrom metabolic.

BACA JUGA: Baik Bagi Kesehatan Pencernaan, 9 Manfaat Konsumsi Sayuran

Penyakit metabolic ini ditandai dengan gejala meningkatnya darah, gula darah, kolestrol, serta berat badan.

Selain itu, suplemen ataupun teh dari tanaman bunga rosela ini dapat menurunkan tekanan darah serta mencegah hipertensi.

Akan tetapi, penggunaan teh bunga rosela sebagai obat untuk mengatasi hipertensi tentu harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

2. Menurunkan Kolestrol

Tanaman bunga rosela ini dipercaya dapat menghambat penyerapan asam lemak jenuh serta menurunkan kadar trigliserida dan koledstrol jahat (LDL) dalam tubuh.

Rosela ini juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula agar tetap stabil, menurunkan kolestrol total, serta meningkatkan kadar kolestrol baik atau HDL.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat lain dari tanaman bunga rosela ini yakni mampu mengatasi kolestrol tinggi dan menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA: Tips Menjaga Kesehatan di Puncak Musim Hujan Agar Terhindar dari Risiko Penyakit

Hal tersebut membuat bunga rosela ini dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti aterosklerosis, stroke, dan penyakit jantung.

4. Mencegah Obesitas

Sejumlah penelitian menunjukan bahwa manfaat tanaman bunga rosela yang lainnya yakni bunga rosela ini mengandung antioksidan polifenol dan flavonoid yang mampu menghambat dan mengurangi penumpukan jaringan lemak dalam tubuh, sehingga hal tersebut dapat membantu mencegah terjadinya obesitas.

Namun, selain mengkonsumsi bunga rosela untuk mencegah obesitas, perlu diringi dengan rutin berolahraga dan menjalani pola makan yang sehat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan