Tips Menjaga Kesehatan di Puncak Musim Hujan Agar Terhindar dari Risiko Penyakit

JABAR EKSPRES – Mengetahui tips menjaga kesehatan di cuaca ekstrem saat puncak musim hujan yang melanda adalah kewajiban untuk kita. Sebab, perasaan tidak nyaman hingga penurunan produktivitas sehari-hari bisa mengintai.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara-cara menjaga kesehatan secara optimal di musim penghujan ini.

Baca juga : Baik Bagi Kesehatan Pencernaan, 9 Manfaat Konsumsi Sayuran

Lebih dari sekadar menyiapkan perlengkapan hujan, meningkatkan sistem imun tubuh adalah kunci utama agar kesehatan selalu berada dalam kondisi prima.

Dr. Masagus Hakim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) mengingatkan bahwa musim hujan dapat memiliki efek signifikan pada kesehatan manusia.

Meskipun hujan membantu membersihkan udara dari polusi dan menurunkan suhu udara, namun juga dapat memperburuk beberapa masalah kesehatan, seperti infeksi saluran pernapasan dan kulit.

Dr. Masagus Hakim menekankan bahwa risiko penyakit seperti flu, batuk, dan pilek meningkat pada musim hujan, karena kelembaban tinggi dan suhu yang rendah.

Selain itu, pertumbuhan jamur dan bakteri di tempat lembap dapat memicu alergi dan masalah pernapasan pada individu yang rentan.

Untuk menghindari dampak negatif tersebut, Dr. Masagus Hakim memberikan sejumlah tips penting dalam menjaga kesehatan di musim hujan.

Tips Menjaga Kesehatan di Puncak Musim Hujan

Berikut adalah 10 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan yang perlu diperhatikan.

Cuci Tangan Secara Teratur

Melakukan rutin cuci tangan dengan sabun dan air dapat mengurangi risiko penyebaran infeksi, terutama saat risiko infeksi meningkat pada musim hujan.

Konsumsi Makanan Bergizi

Tips menjaga kesehatan di puncak musim hujan selanjutnya adalah dengan memperkaya pola makan dengan nutrisi dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan energi.

Minum Air yang Cukup

Meskipun mungkin tidak terasa haus, tetap meminum cukup air penting untuk menjaga tubuh terhidrasi dan membersihkan toksin.

Tetap Aktif

Berolahraga secara teratur membantu meningkatkan kebugaran dan kesehatan mental. Meskipun cuaca buruk, usahakan untuk tetap aktif.

Hindari Makanan atau Minuman Dingin

Konsumsi makanan atau minuman dingin dapat memperburuk kondisi tubuh pada cuaca dingin. Disarankan untuk menghindari agar tidak menurunkan suhu tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan