Kulit Tetap Kusam Meskipun Sudah Memakai Skincare Secara Rutin, Ini Penyebabnya

JABAR EKSPRES – Memiliki kulit yang cerah dan bercahaya merupakan keinginan dari setiap orang, terutama kaum wanita. Untuk mencapai hal tersebut, skincare sering dijadikan rutinitas yang konsisten.

Namun, terkadang meski sudah rajin membersihkan, melembapkan, dan eksfoliasi, kulit tetap kelihatan kusam dan lelah.

Tentunya hal ini terkadang membuat kita frustasi, lantaran hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

BACA JUGA: Merasa Kulit Terkontaminasi Merkuri dari Produk Kecantikan? Segera Lakukan Hal Ini!

Oleh karenanya, yuk pahami beberapa alasan mengapa kulit Anda tetap kusam meskipun sudah memakai skincare secara rutin:

1. Salah Memilih Produk

Salah memilih produk skincare bisa menjadi penyebab utama kulit kusam, bahkan bisa memicu masalah-masalah kulit lainnya.

Hal ini dapat ditandai dari memilih produk yang tidak cocok dengan jenis kulit, formula yang tidak tepat, mengandung bahan-bahan iritatif, dan ekspektasi yang terlalu tinggi.

Penting juga untuk melakukan evaluasi rutinitas skincare secara berkala. Jika setelah 4-6 minggu tidak ada perubahan, cobalah ganti produk tertentu dan perhatikan reaksinya.

2. Kurang Eksfoliasi

Penumpukan sel kulit mati membuat kulit kusam dan buram. Lakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu (sesuai jenis kulit) menggunakan chemical exfoliant (AHA/BHA) atau physical exfoliant (scrub lembut).

3. Kulit Kurang Hidrasi

Kulit yang kurang hidrasi dapat menjadi kusam. Pastikan untuk selalu menggunakan pelembap yang cocok sesuai dengan jenis kulit Anda dan gunakan secara teratur.

4. Gaya Hidup Buruk

Stres, kurang tidur, pola makan tidak sehat, dan kurang berolahraga dapat berkontribusi pada kulit kusam. Prioritaskan tidur cukup, kelola stres, konsumsi makanan kaya antioksidan, dan jangan lupa rajin berolahraga.

5. Paparan Sinar Matahari Berlebih

Sinar matahari dapat merusak kulit dan membuatnya terlihat kusam. Pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen setiap hari, bahkan di cuaca mendung atau saat berada di dalam ruangan.

6. Urutan Skincare yang Salah

Mengaplikasikan produk dalam urutan yang salah dapat mengurangi efektivitasnya.

BACA JUGA: Kulit Terasa Kering Saat Musim Kemarau? Ketahui Cara Merawatnya

Umumnya, urutan skincare yang ideal dimulai dari cleanser – toner – serum – moisturizer – sunscreen. Pastikan produk yang mudah meresap diaplikasikan lebih dulu, diikuti produk yang lebih berat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan