Ini Dia 5 Cara Atasi Hidung Tersumbat, Ternyata Mudah Banget Loh!

JABAR EKSPRES – Di musim hujan ini, penyakit seperti demam serta flu dan batuk sering menjangkiti banyak orang. Hidung tersumbat pun menjadi salah satu hal yang cukup mengganggu aktivitas kita.

Biasanya, hidung tersumbat ini terjadi karena terdapat iritasi di jaringan yang melapisi area hidung. Hal ini bisa saja terjadi karena menghirup udara polusi, terkena alergi, sinisitus, atau bahkan infeksi virus.

Dari iritasi tersebut, peradangan, pembengkakan, dan reproduksi lendir pun jadi meningkat. Sehingga hal ini tentunya membuat kita kesulitan untuk menghirup udara melalui hidung.

BACA JUGA: Mengatasi Mata Merah pada Anak, Ini Dia Penyebab dan Solusinya!

Jika kamu tak segera mengatasinya, gangguan hidung tersebut bisa saja menyebabkan dampak yang lebih buruk.

Tapi jangan khawatir, dilansir dari Healthline, ada beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat yang bisa kamu praktekan bila mengalami hidung tersumbat, yuk, kita simak!

1. Gunakan Humidifier

Humidifier dapat mengubah air menjadi uap air yang dapat meningkatkan kelembapan ruangan.

Menghirup udara lembab memiliki efek menenangkan pada jaringan hidung dan sinus yang teriritasi serta pembuluh darah yang membengkak.

2. Mandi dengan Air Panas

Uap dari air panas juga bisa membantu mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan.

BACA JUGA: Overthinking Itu Gak Baik! Ini Dia Solusinya

Dengan begitu, mandi air panas bisa membantu pernapasan kamu kembali normal. Kamu juga bisa mendapatkan efek yang sama dengan menghirup uap dari air panasnya.

3. Tetap Terhidrasi

Minum air putih sangat penting bagi kamu jika hidungmu tersumbat. Karena Tingkat dehidrasi yang cukup faktanya bisa membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, mendorong cairan keluar dari hidung, dan mengurangi tekanan pada sinus.

4. Menggunakan Kompres Hangat

Kompres hangat bisa membantu beberapa gejala hidung tersumbat dengan membuka saluran hidung dari luar.

Kamu bisa menggunakan handuk yang direndam air hangat untuk mengkompres bagian dahi dan atas hidung kamu untuk melancarkan saluran hidung.

5. Minum Obat

Jika kondisi hidung tersumbatmu semakin mengganggu dan parah, kamu bisa langsung meminum obat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan