Rekrutmen CPNS 2024 Digelar Berapa Kali? Ini Bocorannya

JABAR EKSPRES – Bocoran seleksi CPNS 2024 rupanya kemungkinan tak hanya digelar satu kali saja, namun bisa lebih dari satu kali.

Seperti yang disampikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, bahwa rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 dapat dilakukan lebih dari satu kali.

Hal ini sejalan dengan fleksibilitas yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara.

“Jadi memang UU ASN yang baru kan memberi ruang yang terbuka dan memudahkan pemerintah dari pusat sampai daerah dalam mengatur rekrutmen. Tidak terpaku pada pola tertentu, agar organisasi bisa berjalan dinamis,” kata Menteri Anas dikutip dari keterangan pers, Jumat (12/1/2023).

BACA JUGA: Bocoran CPNS 2024 Dibuka Mei 2024, Ini Kuota Formasinya

Ia menekankan bahwa pendekatan ini memungkinkan rekrutmen beradaptasi dengan kebutuhan organisasi tanpa harus menunggu siklus tahunan.

Anas memberikan contoh dari institusi swasta atau BUMN yang dinamis, di mana rekrutmen tidak harus terpaku pada siklus tahunan, melainkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi.

Dalam konteks rekrutmen CASN tahun 2024 ini, Anas menegaskan bahwa rekrutmen memiliki potensi untuk dilakukan lebih dari satu kali. Sesuai dengan pengumuman Presiden Jokowi, di mana tahun 2024 ini akan menargetkan perekrutan sebanyak 2,3 juta orang.

BACA JUGA: Formasi CPNS 2024 Tersebar di Pusat dan Daerah, Cek Lowongan yang Dibuka

Proses rekrutmen ASN masih sama akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) secara nasional dengan memanfaatkan teknologi digital.

Dengan sistem ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas. Seleksi kompetensi akan dilakukan secara online, termasuk penerapan teknologi pengenalan wajah (face recognition) untuk mengurangi potensi kecurangan.

Nilai seleksi juga dapat diakses secara real-time oleh publik, termasuk live score yang disiarkan melalui YouTube.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan