Polresta Bandung Alihkan Lalu Lintas Imbas Banjir di Kabupaten Bandung

JABAR EKSPRESB – Hujan deras dan banjir yang melanda Kabupaten Bandung di beberapa wilayah beberapa hari lalu membuat sejumlah ruas jalan terputus.

Dari informasi yang didapat, kini terdapat lima kecamatan yang terkena dampak akibat banjir, yakin Dayeuhkolot, Baleendah, Bojongsoang, Majalaya, dan Cicalengka.

Khusus di Dayeuhkolot, banjir yang melanda ini akibat jebolnya tanggul penahan Cungai Cigede hingga masuk kedalam pemukiman warga.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo, menyatakan saat ini pihaknya telah melakukan rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan di ruas jalan yang tergenang air.

“Jangan sampai karena tidak dapat diaksesnya lalu lintas yang tergenang air ini menyebabkan kemacetan, sehingga kami melakukan rekayasa lalu lintas,” ujar Kusworo saat ditemui usai melakukan pantauan ke Kampung Lumajang, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jumat 12 Januari 2024.

Kusworo menjelaskan, sejumlah jalan raya seperti Baleendah, Dayeuhkolot, hingga Bojongsoang saat ini masih mengalami genangan dengan ketinggian air masih cukup tinggi.

BACA JUGA: Banjir Bandang Terjang Desa Sukapura Bandung

“Saat ini di jalan-jalan raya tersebut kedalaman banjir dari 50 centimeter sampai 70 centimeter. Bahkan, di beberapa permukiman warga ada yang sampai satu meter lebih,” jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya kata dia tengah melakukan rekayasa lalu lintas dengan pengalihan arus di beberapa lokasi.

“Jadi untuk jalur-jalur yang bisa dilintasi, sementara ini dialihkan melalui Jalur Siliwangi. Kemudian ke Jalur Ciwastra yang akan menuju Kota Bandung. Serta jalur Katapang yang akan tembus ke Soreang,” ungkapnya.

Pihaknya juga menghimbau agar para pengendara yang melintas ke beberapa ruas jalan yang tergenang banjir untuk sabar terlebih saat ini banyak antrian kendaraan karena banjir.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh pengguna jalan, khususnya kendaraan roda dua agar berhati-hati lagi apabila melintasi titik-titik tertentu karena tertutup oleh genangan air,” pungkasnya.

BACA JUGA: Anak-anak Kampung Bojong Asih Dayeuhkolot Semangat Terabas Banjir Demi Hari Pertama Sekolah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan