Pemkot Bandung Siapkan Dapur Umum untuk Warga Braga yang Terdampak

JABAR ESKPRES – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyiapkan dapur umum untuk melayani kebutuhan konsumsi ratusan warga yang terdampak banjir di Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.

Banjir setinggi satu meter lebih telah mengakibatkan puluhan rumah terendam karena dipicu tanggul jebol di aliran Sungai Cikapundung setelah hujan dengan intensitas tinggi menerjang kelurahan tersebut pada Kamis, 11 Januari 2024 sore.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, dapur umum tersebut disiapkan untuk membantu warga yang terdampak banjir yang dibantu oleh Provinsi, DPBD, dan Dinas Sosial.

“Dibantu oleh provinsi, BPBD, Dinas Sosial, dapur umum kami siapkan. Kemudian kepentingan, atau keperluan-keperluan yang sangat mendesak kami siapkan dari semalam. Sampai hari ini tetap kami lakukan upaya-upaya penanganan,” kata Bambang di Bandung, Jumat (12/1), dikutip dari Antara News Jabar.

BACA JUGA: Jalan Braga: Kawasan Macet yang Penuh Tanda Tanya

Menu makanan yang disiapkan oleh Tagana Kota Bandung antara lain nasi goreng, telur dadar, daging ayam, tahu tempe, dan ikan. Makanan tersebut akan diberikan kepada warga yang berada di tenda pengungsian maupun mereka yang bertahan di rumah masing-masing.

“Dapur umum ini akan terus disiagakan untuk memastikan kebutuhan dasar warga harus terpenuhi,” terang Pj Wali Kota Bandung itu.

Bambang menegaskan, pemerintah kota akan selalu hadir untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir. Petugas akan bersiaga 24 jam untuk membantu warga sekaligus juga mengantisipasi manakala ada kejadian-kejadian yang berikutnya.

Sementara, Anggota Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Bandung, Agim mengatakan, pihaknya telah menyediakan makanan siap saji sebanyak 900 porsi per hari, yang dibagi menjadi tiga kali makan.

“Kami siapkan 300 porsi untuk pagi, 300 porsi siang, dan 300 porsi malam,” ucapnya.

BACA JUGA: Fakta Banjir Braga: Luapnya Sungai Cikapundung, Warga Terimbas, Hingga Upaya Pemerintah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan