Pertukaran Mahasiswa Merdeka di UPI: Kuatkan Kebhinekaan dan Kontribusi Sosial di Masyarakat

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Prof. Dr. Didi Sukyadi, MA menutup secara resmi program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) gelombang 3 dengan skema inbound di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada Jum’at, 12 Januari 2024.

Pelepasan dan perpisahan ini dihadiri langsung oleh Asri Aldila Putri, S.Sos., M.Si selaku Kepala Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Kampus Mengajar Kemdikbudristek, para pimpinan UPI, penanggung jawab dan tim pelaksana MBKM UPI, para dosen dan 487 mahasiswa peserta PMM.

“Pelepasan dan perpisahan ini merupakan tahapan terakhir kegiatan PMM yang diselenggarakan di Universitas Pendidikan Indonesia. Para mahasiswa secara resmi diterima oleh Rektor UPI beserta para pimpinan UPI pada tanggal 8 September 2023 di Gedung Achmad Sanusi UPI. Selanjutnya para mahasiswa mengikuti perkuliahan dan menyelesaikan rangkaian program modul nusantara dengan kegiatan kebhinekaan, refleksi, inspirasi dan kegiatan sosial kemasyarakatan,” kata Prof Didi, Jum’at (12/1).

Kegiatan PMM dimulai pada Bulan September 2023 dan berakhir pada Bulan Januari 2024. Selanjutnya para mahasiswa kembali lagi ke kampus asal dan mendapatkan rekognisi 20 satuan kredit semester (sks).

BACA JUGA: Jadi Beban Berat Guru, Kurikulum Merdeka Dievaluasi

Sementara itu, Koordinator MBKM UPI sekaligus Direktur Direktorat Pendidikan UPI, Dr. rer. nat. Asep Supriatna, M.Si., mengatakan bahwa program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) gelombang 3 di Universitas Pendidikan Indonesia ini memberikan ruang kepada mahasiswa untuk mengambil dan mendalami berbagai mata kuliah yang disukai dan sesuai dengan keinginan mahasiswa.

“Selain itu, program ini juga berhasil dan sukses memberikan pengalaman dalam meningkatkan wawasan mahasiswa di Indonesia tentang konsep diri dan manajemen diri, Bhinneka Tunggal Ika, refleksi dan inspirasi, membangun kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,” ujarnya.

Melalui kerjasama, dukungan dan bantuan berbagai pihak di UPI, pelaksanaan PMM ini dapat diselesaikan dengan baik sampai kegiatan perpisahan dan pelepasan.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Koordinator MBKM UPI Sekaligus Kepala Seksi Administrasi Umum dan Sumber Daya Direktorat Pendidikan UPI, Agus Sutiawan, SE. mengungkapkan, pada kegiatan pelepasan dan perpisahan ini, para mahasiswa menampilkan festival seni dan budaya Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan